Apa Itu Modem? Berikut Penjelasan Lengkap Beserta Perbedaannya dengan Router

Modem

Pengguna PC komputer rumahan mungkin sudah tidak asing dengan istilah modem. Piranti yang selalu dikait-kaitkan dengan jaringan internet ini dan menjadi sumber kekesalan pengguna jika internet lemot, memang merupakan sebuah perangkat network yang diberikan ketika kalian berlangganan internet broadband.

Di era sekarang ini, masih banyak yang sulit membedakan antara berbagai istilah perangkat jaringan seperti modem dan Wi-Fi. Beberapa orang yang masih awam bahkan sering tertukar istilah-istilah tersebut.

Dalam artikel kali ini, penulis akan mengajak kalian sedikit mengenal beberapa piranti jaringan yang umum untuk menambah wawasan kalian. Tidak perlu berbasa-basi lagi, mari kita mulai pembahasan apa itu modem diawali dari penjelasan secara singkatnya.

Apa Itu Modem?

Salah satu merk yang sering dijumpai di Indonesia

Modem adalah istilah untuk modulator demodulator. Seperti yang kita tahu, data di komputer berupa data digital yang berisikan angka binary seperti 0 dan 1. Untuk memungkinkan data tersebut dikirim ke komputer lain atau jaringan lain, tentu data tersebut butuh dikonversikan ke data analog terlebih dahulu.

Disini fungsi alat tersebut adalah untuk itu. Data yang kita request akan diubah menjadi data analog yang kemudian melewati kabel ISP. Perangkat juga berfungsi untuk kebalikannya, mengubah data analog tadi kembali menjadi digital agar dapat dibaca oleh komputer.

Beberapa Jenis Modem yang Beredar

Mengenal perangkat internet yang sering salah sebut

Dewasa ini, sudah banyak jenis yang beredar di pasaran. Baik itu yang berkabel maupun wireless yang lebih portable. Namun sebenarnya, ada berbagai jenis yang semua itu berbeda-beda cara kerjanya. Berikut adalah penjelasan apa saja jenis-jenisnya.

1. Dial-Up

Jenis ini menggunakan kabel telepon dan mengirimkan sinyal analog. Karena menggunakan kabel telepon sebagai sumbernya, kecepatan juga sangat rendah yang hanya berkisar di puluhan KB saja. Jenis ini sudah jarang ditemukan dan berganti ke jenis yang lebih modern.

2. DSL (Digital Subscriber Line)

Tipe ini sudah sangat lumrah ditemukan untuk sekarang apalagi bagi kalian yang berlanggan internet kabel. Beberapa provider internet di Indonesia kebanyakan menggunakan jenis ini. Selain sangat praktis, biaya piranti ini juga sangat terjangkau.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

3. GSM dan CDMA

Tipe ini biasanya lebih praktis dan portable. Karena sejatinya didesain untuk bisa menampung kartu SIM dan mendapatkan akses internet dari sana. Ada dua macam, yang satu menggunakan kartu GSM dan satu lagi menggunakan jaringan CDMA. Meskipun tipe yang CDMA bisa dikatakan sudah punah di Indonesia.

Perbedaan Modem Wifi dengan Perangkat Jaringan Lainnya

Ternyata kedua perangkat ini berbeda

Setelah kita mengenal modem beserta jenis-jenisnya, mungkin banyak yang masih tidak ngeh dengan istilah lainnya seperti router, dan access point. Bahkan banyak yang masih salah kaprah dan menyebut jaringan Wi-Fi dengan modem Wi-Fi. Berikut penjelasannya.

Router

Perbedaan paling mendasarnya ialah perangkat yang satu ini tidak memberikan akses internet dengan sendirinya. Router sendiri merupakan sebuah perangkat yang diciptakan untuk mengatur koneksi internet. Seperti yang kita tahu, dalam sebuah koneksi, sering kali yang menggunakan jaringan itu lebih dari satu pengguna. 

Tugas perangkat ini adalah menyalurkan internet kepada seluruh pengguna dalam satu jaringan. Baik itu dari WAN ke LAN ataupun dari LAN ke jaringan LAN lainnya.

Access Point

Berbeda dengan kedua perangkat diatas, tugas access point adalah membagikan paket internet yang sudah disalurkan oleh router ke sebuah titik jaringan. Access point diibaratkan sebagai pemancar yang menyebarkan akses internet menuju antena nirkabel maupun kabel.

Wi-Fi

Diluar semua itu, ada yang namanya Wi-Fi. Istilah ini juga sudah sangat sering didengar orang awam. Wi-Fi adalah sebuah teknologi nirkabel yang menggunakan jaringan frekuensi radio berjarak pendek. Perkembangan teknologi Wi-Fi pun semakin cepat terlebih ketika pasar ponsel pintar semakin dibutuhkan.

Jadi itulah pengertian singkat mengenai modem dan beberapa penjelasan terkait perbedaannya dengan router, access point, dan Wi-Fi. Apakah kalian masih sering tertukar istilah diatas? Bisa beri pendapat dan pengalaman kalian ya, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version