Setelah Merakit PC, Inilah yang Harus Kalian Perhatikan Selanjutnya!

Merakit PC

Sudah lama penulis tidak memberikan tips dalam dunia PC. Setelah kemarin memberikan sejumlah software yang bisa kalian pasang setelah merakit PC, tampaknya tidak afdol jika tidak membahas juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika PC yang kalian rakit itu selesai.

Tentu banyak sekali pengaturan dasar yang bisa dilakukan demi membuat PC kalian berjalan dengan semestinya. Hal yang perlu diperhatikan ini diluar dari instalasi Windows serta software karena sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Tapi sebelum itu, kalian mungkin sudah memutuskan untuk merakit PC gaming. Sudah mendapatkan daftar komponen seperti prosesor, motherboard, RAM, hingga power supply. Sudah mencari tahu cara bagaimana cara merakit PC. Semuanya sudah kelar, PC sudah dirakit. Berarti sisa beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bisa digunakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Merakit PC

Hal yang perlu diperhatikan setelah PC rakitan gaming selesai

Sebenarnya, apa saja yang perlu diperhatikan setelah selesai merakit PC? Berikut adalah beberapa tips yang wajib kalian ketahui dan lakukan sebelum bisa menggunakan PC kalian secara normal. Yuk, kita mulai saja pembahasannya, brott!

1. Konfigurasi BIOS

Atur XMP dulu di BIOS

Jika PC yang kalian rakit berhasil POST (Power-On-Self-Test) untuk pertama kalinya. Hal yang perlu dicek adalah apakah semua storage dan RAM terbaca sesuai yang kalian pasang. Kalian bisa melakukan ini dengan masuk ke mode BIOS melalui tombol delete, F11, atau F12 (tergantung vendor motherboard) saat PC sedang POST. Setelah konfirmasi semuanya sesuai, saatnya untuk mengaktifkan konfigurasi XMP untuk RAM.

XMP adalah sebuah mode overclock pada memory RAM agar bisa berjalan sesuai spesifikasi yang dibeli. Biasanya tinggal pindahkan saja togglenya ke posisi ON dan tinggal save settingan bios.

2. Nyalakan Partisi yang Masih Unallocated

Nyalakan partisi yang masih nonaktif

Bagi kalian yang menggunakan storage lebih dari satu buah dalam PC kalian. Mungkin perlu menyalakan partisi bila belum sempat mengaktifkannya ketika proses instalasi Windows berlangsung.

Caranya adalah masuk ke Disk Management lewat search Windows. Lalu pilih Disk yang masih bertulisan Unallocated. Klik kanan pada disk tersebut lalu pilih new volume. Kalian bisa memilih seberapa storage yang ingin digunakan. Lalu pilih huruf alfabet yang ingin diasosiasikan dengan driver tersebut dan klik finish. Kalian akan menemukan drive tersebut disebelah Drive C di Windows Explorer. Ulangi lagi langkah ini untuk disk lainnya jika memang ada.

3. Hubungkan PC ke Internet

Colok kabel jaringan dulu

Untuk bisa menggunakan internet, kalian tentu membutuhkan koneksi. Baik itu koneksi dari jaringan ISP kabel, ataupun menggunakan Wi-Fi. Yang perlu dilakukan tentu adalah colok kabel LAN dari modem/router ke port LAN pada komputer jika menggunakan jaringan berkabel.

Jika menggunakan Wi-Fi, tinggal hubungkan jaringan melalui SSID dan masukkan kata sandi. Setelahnya kalian sudah bisa menggunakan internet tanpa perlu pengaturan apapun.

4. Pasang Software Pendukung

Install semua software pendukung

Software pendukung memang cukup penting apalagi bagi kalian yang memang seorang gamer. Berbagai software seperti driver GPU, hingga Afterburner untuk melakukan overclocking manual sudah menjadi sebuah keharusan. Untungnya kami sudah punya artikel tentang itu.

5. Update Windows ke Versi Terbaru

Update Windowsnya ke versi terbaru

Meski penggunaan antivirus sudah semakin tidak relevan di tahun-tahun sekarang, semua itu sebenarnya sedikit banyak ada kontribusi dari Microsoft sendiri. Windows update yang selalu berjalan di waktu yang tidak tepat dan buat kesal pengguna ini sebenarnya masih ada fungsinya.

Salah satunya ya itu tadi, untuk menambal berbagai vulnerability dan memperbarui database antivirus yang digunakan Windows Defender. Jadi meskipun kadang timing update tidak tepat ataupun suka lemot ketika proses update, hasilnya jauh lebih bermanfaat bila kalian memang suka surfing secara leluasa di internet.

Merakit PC Gaming Sudah Tidak Serumit Sebelumnya

Merakit PC terlihat menyeramkan bagi orang awam

Merakit PC dan memasang semuanya sendiri mungkin akan terlihat menyeramkan bagi mereka yang benar-benar awam soal dunia teknologi. Hanya saja, perkembangan hardware dan software sudah sangat user-friendly dan newbie-friendly bila dibandingkan dengan komponen PC 20 tahun lalu misalnya.

Hadirnya guide di media sosial dan artikel seperti ini turut membuat rakit PC jadi lebih mudah dilakukan. Selain dapat pengalaman baru, kalian juga sedikit belajar soal dunia teknologi yang semakin relevan kedepannya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version