Apakah Emulator PS4 Benar-Benar Ada dan Bisa Dijalankan? Berikut Faktanya Sejauh Ini!

in , , ,
Ps4 Remote Play Pc 1 940x578

Meski dengan PS5 telah dirilis, memiliki PS4 masih menjadi harapan banyak gamer. Dengan katalog game eksklusif yang menarik, wajar apabila masih banyak yang mengincar cara untuk dapat mainkan PS4 bahkan di fase akhir masa aktifnya. Ketika kamu bermain game lewat PC, emulator tentu menjadi hal yang muncul di kepala agar dapat memainkan game tanpa harus membeli console tersebut. Namun menjadi pertanyaan ialah apakah emulator PS4 itu benar-benar ada? Apakah emulator yang ada di Youtube atau mungkin postingan di sosial media tersebut nyata dan berfungsi? Mari kita cek realitanya.


GPCS4 – Berfungsi, Namun Masih Jauh dari Harapan

Maxresdefault (8)

GPCS4 merupakan emulator PS4 yang sempat heboh dibicarakan pada awal tahun 2020 karena menjadi program pertama yang mengklaim dapat menjalankan game PS4. Meskipun demikian, emulator ini masih sangat jauh dari ekspektasi yang kamu harapkan.

Lupakan keinginan bermain Uncharted, The Last of Us Part 2 atau juga Ghost of Tsushima, emulator ini bahkan tidak sanggup untuk jalankan We Are Doomed yang merupakan game arcade sederhana dengan visual yang ringan. Tak hanya performa framerate yang sangat rendah dan jauh dari teroptimisasi, visual game juga masih sangat buggy.

GPCS4 ini juga belum siap untuk dirilis ke publik. Developer masih berencana untuk terus kembangkan programnya hingga benar-benar siap untuk diluncurkan. Dalam kabar terbaru yang diunggah dalam situs Github, developer tengah mencoba mengimplementasi gratfis pada Nier Automata dan saat ini hanya dapat meluncurkan intro screen saja yang dimana itu pun masih jauh dari sempurna.

GPCS4 juga dikembangkan oleh sang developer hanya sebatas sebagai proyek senang-senang. Ia mengatakan bahwa program tersebut dikembangkan hanya untuk mempelajari grafis 3D dan bukan ditujukan sebagi aplikasi yang serius.


PCSX4 – Sudah Pasti Fake dan Juga Scam

Maxresdefault (7)

Tentunya mengecewakan melihat emulator ini belum dapat mainkan game komersil yang kamu incar, namun setidaknya ada progres besar yang dicapai oleh emulator GPCS4 ini. Setidak-tidaknya emulator benar-benar ada dan berfungsi meski memang masih dalam fase pengembangan yang sangat awal. Berbeda dengan emulator PCSX4 yang juga sempat hebohkan internet di tahun 2019 lalu.

Dilansir dari PC Gamer, PCSX4 dipastikan ialah emulator palsu dengan eksistensinya hanya ingin menipu mereka yang benar-benar putus asa ingin bermain PS4 “gratis” dan juga kudet dalam info terbaru gaming.

Ketika kamu mencoba mengunduh emulator tersebut, halaman situs akan membawamu ke survei yang penuh dengan pertanyaan yang mencurigakan. Bahkan jika kamu memaksakan diri untuk menjawab semua survei yang ada, program emulator yang kamu dapatkan juga ternyata tak dapat dijalankan, maka tak hanya impianmu bermain God of War di PC itu musnah, tetapi informasi privasimu juga telah berpotensi disalahgunakan oleh si penipu.


Orbital – Hanya Mampu Lakukan Booting Kernel dan Belum Dapat Jalankan Game

Orbital Ps4 Emulator

Selain GPCS4, muncul satu lagi program yang mengaku dapat jalankan emulasi dari PS4 pada tahun 2019 lalu. Program tersebut ialah Orbital yang dikembangkan oleh AlexAltea. Dirilis pada Maret 2019, Orbital mampu menampilkan output grafis ke dalam layar yang dimana menjadi progres signifikan, namun sesudahnya tak muncul kembali kabar dari pengembangan emulator ini.

Orbital telah dikembangkan sejak tahun 2017 silam dan juga belum diirlis ke publik. Sayangnya sama seperti GPCS4, emulator ini juga belum mampu jalankan game komersil. Ia hanya mampu melakukan booting kernel sampai batas tertentu dengan menampilkan catatan log yang berupa kombinasi angka dan huruf.

Seperti yang dijelaskan di atas, Orbital juga belum mampu mewujudkan cita-citamu bermain game eksklusif PS4 lewat PC dan bahkan belum dapat digunakan secara bebas oeh publik. Namun bagi kamu yang penasaran dan juga paham akan coding, kamu dapat menggunakan 3 komponen penting dari program emulator ini yaitu BIOS, GRUB dan QEMU. Kamu juga harus bisa mengkonfigurasi emulator dengan cara membuang dan mendeskripsikan semua file sistem PS4, Sflash dan juga kernel.


Kesimpulan

Jadi, apakah emulator PS4 itu benar-benar ada? Secara teknis iya, namun tidak berfungsi sesuai keinginanmu. Progres telah dicapai oleh beberapa developer, namun untuk saat ini belum ada progres signifikan yang terjadi. Mungkin masih butuh waktu yang lama untuk GPCS4 dan Orbital untuk dapat melakukan emulasi yang sempurna, dan mungkin suatu hari nanti muncul program lain lagi yang mengambil blueprint dari kedua program tersebut dan menyempurnakannya. Satu hal yang pasti ialah jika kamu ingin memainkan game first-party PS4 sekarang, maka membeli langsung console-nya atau bahkan melakukan backward compability dari PS5 menjadi pilihan terbaik.

Bagi kamu yang masih memaksakan diri. Sony telah luncurkan layanan PS now yang merupakan layanan cloud gaming yang memperbolehkanmu bermain game-game PS3 dan PS4 lewat PC. Namun kamu memerlukan koneksi yang sangat kencang untuk dapatkan pengalaman terbaik dan juga konektivitas serta kualitas streaming dari layanan tersebut masih jauh dari sempurna pada saat ini.


Artikel ini diterbitkan pertama kali di Dunia Games dengan judul “Apakah PS4 Emulator untuk PC Sudah Ada dan Bisa Dijalankan?” yang ditulis oleh Syahdan.


Mengecewakan? Tentu saja, tetapi tak perlu khawatir karena masih banyak game kualitas tinggi yang dirilis di kedua platform. Game produksi studio AAA yang dirilis dalam format multiplatform, maka kamu hanya perlu miliki PC dengan spesifikasi hardware terbaik agar dapat memainkan game-game tersebut di tingkat performa dan visual yang lebih baik daripada yang dirasakan oleh gamer console.

Emulator PS4 mungkin suatu hari tercipta, namun untuk sementara, jangan percaya semua hal yang kamu temukan di internet dan selalu lakukan riset mendalam sebelum terjun ke link unduh.


Baca pula informasi lain terkait PS4, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.