[Opini] Apakah Lobby Bot Game Kompetitif Merupakan Hal yang Baik atau Buruk?

Bot Game Kompetitif

Lobby Bot Game Kompetitif – Belakangan ini para pemain game kompetitif mendiskusikan topik yang cukup menarik. Topik tersebut adalah Lobby Bot Game Kompetitif yang kini mulai meramaikan game yang mereka mainkan.

Beberapa game kini dikabarkan menggunakan Lobby Bot di beberapa pertandingan game. Hal ini menimbulkan pro dan kontra terhadap fitur tersebut. Tapi, apakah ini merupkan hal yang buruk?

Pada artikel kali ini, gamebrott akan membahas topik tersebut. Apakah Lobby Bot Game Kompetitif Merupakan Hal yang Baik atau Buruk? mari kita bahas secara seksama pada artikel ini.

Disclaimer: Artikel ini merupakan opini dari penulis mengenai pertanyaan pada judul tanpa ada tujuan untuk menyudutkan ataupun menyerang pihak – pihak terkait dengan topik tersebut.

Apakah Lobby Bot Game Kompetitif Merupakan Hal yang Baik atau Buruk?

Game Kompetitif

Sebelum kita membahas ke poin utama. Mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Lobby Bot dalam game kompetitif.

Apa itu Lobby Bot?

Sesuai Namanya, Lobby Yang Berisikan Bot Saja

Lobby bot adalah lobby dalam game, terutama pada game kompetitif multiplayer, yang berisikan mayoritas Bot. Lobby ini biasa ditemukan pada awal-awal permainan di sebuah akun namun terkadang juga bisa hadir di pertandingan lainnya.

Bot Lobby Mampu Menarik Pemain Casual

Casual Jadi Bisa Main

Ada pro dan kontra terhadap lobby ini. Pertama-tama, mari kita bahas sisi positifnya. Lobby bot ini pada awalnya hadir pada beberapa pertandingan pertama para pemain yang bertujuan untuk menyesuaikan pemain terhadap game yang dimainkan.

Namun lobby ini juga muncul di pertandingan lainnya. Hal ini dikarenakan Bot Lobby mampu menarik para pemain casual agar bermain game tersebut. Gamer Casual cenderung meninggalkan sebuah game jika terlalu kompetitif.

Dan gamer casual ini juga biasanya bermain hanya untuk bersenang-senang bersama teman. Dan jika mereka kalah secara skill melawan pemain yang lebih jago, tentunya mereka akan meninggalkan permainan lebih cepat.

Menjaga Pemain Bermain Lebih Lama

Semakin Ramai Semakin Bagus

Berbicara meninggalkan permainan, tentunya developer akan mencari cara agar para pemain memainkan game mereka lebih lama. Hal ini dilakukan agar game tersebut menjadi populer dan membuka pintu keuntungan bagi para developer.

Salah satu caranya adalah mengimplementasikan Bot Lobby di beberapa pertandingan. Terkadang hal ini juga memiliki algoritmanya tersendiri. Di beberapa game, pemain akan mendapatkan bot lobby jika mencapai titik tertentu.

Titik yang dimaksud pada pembahasan ini adalah persyaratan agar Lobby Bot muncul. Biasanya lobby seperti ini hadir jika pemain telah kalah beberapa kali. Para pemain yang kalah ini tentunya tidak bersemangat main dan beresiko meninggalkan permainan.

Dan disinilah Bot bekerja, pada permainan “terakhir”, game akan menghubungkan pemain tersebut dengan Lobby Bot yang berisikan banyak bot sehingga pemain dapat mengalahkan mereka dan mendapatkan skor yang tinggi.

Hal ini secara tidak langsung akan menambah semangat para pemain yang habis kalah berturut-turut tersebut. Dan dengan meningkatnya moral pemain, mereka akan mencoba lagi memainkan game sehingga game tersebut masih tetap dimainkan.

Skill Kompetitif Tidak Begitu Meningkat

Semakin Tinggi Maka Semakin Jago

Meskipun sebelumnya dijelaskan merupakan hal yang cukup baik, tentunya ada juga kontra dari perdebatan ini. Salah satunya adalah Skill kompetitif yang tidak meningkat karena hanya terbiasa melawan bot saja.

Game kompetitif terutama game FPS biasanya memiliki sistem yang bernama Skill Based Match Making(SBMM) yang merupakan sistem pencarian lobby pertandingan berdasarkan skill pemain.

Dan tentunya skill permainan seorang pemain tidak akan begitu meningkat jika bertemu lawan bot yang pergerakannya kaku dan cara menyerangnya yang sangat aneh. Hal ini akan berdampak pada permainan mereka ketika sudah masuk matchmaking yang berdasarkan skill .

Terlihat Menjadi Game yang Mudah

Mudah Dan Dianggap Permainan Anak Anak

Dan hal lainnya yang membuat Lobby bot Kompetitif merupakan hal yang buruk di mata para gamer adalah game yang mereka mainkan jadi terlihat lebih mudah. Hal ini tentunya berlaku bagi para gamer yang bermain secara serius.

Para gamer casual yang terlalu sering bertemu lobby bot tanpa sadar bahwa yang mereka lawan bukanlah pemain akan menganggap game sangat mudah dan tidak menantang. Padahal dibalik itu semua, banyak pemain dengan skill tinggi yang bermain.

Dan tentunya jika mereka bertemu, para gamer yang tidak secara serius memainkan game tersebut akan kaget atau shock melihat jarak skill yang cukup jauh. Terutama para gamer yang sebelumnya menganggap ini mudah. Pada akhirnya? kembali ke poin-poin sebelumnya dimana mereka kalah dan kembali melawan bot untuk menang.

Kesimpulan, Demi Meningkatnya Pemain Aktif?

Agar Populer

Memang, perdebatan ini terlihat sepele, namun hingga saat ini, di hampir semua komunitas game multiplayer terutama game kompetitif, selalu ada pembahasan mengenai Lobby Bot game Kompetitif.

Meskipun tidak sedikit yang protes adanya bot ini yang cukup mengganggu terutama para pemain yang memiliki jiwa kompetitif yang tinggi, tapi perlu diingat juga developer dan publisher juga ingin para gamer casual atau gamer santai ikut memainkannya.

Dan dengan banyak gamer yang memainkannya, hal ini berpengaruh besar dengan kesempatan game untuk menarik lebih banyak pemain serta mendapat keuntungan yang lebih besar juga.

Jadi, Lobby Bot ini hadir biasanya untuk meramaikan game sebagai bentuk pancingan agar para pemain yang tidak begitu memiliki skill tinggi atau ingin merasakan bagaimana mengalahkan banyak lawan dapat bermain pada kondisi paling seru yang mereka pikirkan saja dan membuat mereka betah bermain game tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Opini atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version