[OPINI] Apakah Standar PC Gaming Zaman Now Memang Butuh VRAM 12GB?

Standar Pc Gaming

Standar PC Gaming – Kalau kalian merupakan gamer hardcore, tentunya kalian membutuhkan sebuah PC dengan performa di atas rata-rata untuk dapat memuaskan hasrat kalian saat memainkan sebuah game.

Pemilihan komponen pun tidak bisa dilakukan secara asal. Pasalnya, di tahun 2023 ini makin banyak saja komponen keluaran terbaru yang kemampuannya setidaknya dua-tiga kali lipat lebih baik dari generasi terdahulu, terutama VGA.

Terlebih kalau kita sudah membahas VGA. Umumnya, gamer akan mengikuti standar spesifikasi zaman now yang diterapkan secara tidak langsung guna memberikan mereka pengalaman bermain yang imersif dan bebas masalah. Masalahnya, hal tersebut amat sangat tricky untuk dilakukan.

Nah, buat kalian yang penasaran dan merasa dihantui pertanyaan tersebut, harap tenang, karena kami akan ajakmu untuk mengupasnya bersama-sama di artikel ini.

Apakah Benar Standar PC Gaming VRAM 12GB Semakin Umum Digunakan?

Standar PC gaming yang membutuhkan VRAM masif

Sebenarnya, kalau kalian bukanlah seorang gamer hardcore, kalian tidak perlu memaksakan diri merakit standar PC gaming VRAM 12GB. Hal ini dikarenakan tidak semua gamer akan bermain game pada resolusi 4K (atau mungkin 8-16K) dengan pengaturan rata kanan yang pastinya menuntut komponen terbaik.

Selain itu, PC gaming VRAM 12GB umumnya dibanderol mulai dari belasan sampai dengan puluhan juta Rupiah. Selain harganya yang relatif mahal, VGA dengan VRAM 12GB umumnya dibutuhkan bila gamer tersebut membutuhkan pemakaian khusus – entah itu untuk pengaturan rata kanan, maupun refresh rate untuk dominasi game kompetitif.

Sayangnya tidak semua user akan mendapat benefit dari besaran VRAM tersebut, namun akan lain cerita bila memang ia berniat untuk future-proof PC yang digunakan dalam kesehariannya.

Kalau kalian masih penasaran, kami akan coba beberkan beberapa pertanyaan untuk dapat kalian evaluasi sebelum pada akhirnya semakin kebingungan soal standar PC gaming yang makin tahun makin naik saja standarnya.

PC Gaming VRAM 12GB Biasanya untuk Apa Saja?

Sebelum merakit PC gaming, umumnya para gamer telah merencanakan apa-apa saja game dan aplikasi yang akan mereka mainkan nantinya. Entah itu The Sims 4, GTA V RP, Genshin Impact, atau mungkin game legendaris semacam Forspoken supaya tidak kehilangan hype.

Untuk Main Game? Ya Jelas Bisa!

Bisa menjalankan game zaman now dengan mudahnya

Dalam kebanyakan kasus, PC ini biasanya akan digunakan untuk memainkan bermacam games pada pengaturan rata kanan, atau mungkin ditandem dengan monitor dengan refresh rate 165Hz atau bahkan lebih untuk menaklukkan lawan di game kompetitif.

Pasalnya, VRAM 12GB ini akan membantu PC yang kita gunakan untuk merender tekstur pada game supaya tidak tampak burik meski sudah rata kanan. Nah, VRAM inilah yang akan mengurus tekstur tersebut dan menampilkannya pada layar supaya nyaman kalian lihat.

Untuk Pembuatan Konten dan Menunjang Produktivitas? Jelas Memadai!

Sangat menunjang produktivitas

Selain untuk memainkan game kekinian, biasanya PC gaming VRAM 12GB umum digunakan untuk memainkan game sembari livestream atau membuat konten. Dengan teknologi terkini, kemampuan untuk memproses video bisa tereksekusi dengan cepat dan efisien berkat kapasitas VRAM-nya yang besar.

Atau mungkin kalian termasuk gamer yang pekerjaannya gunakan Lumion? Nah, tentu saja kalian akan semakin produktif karena aplikasi tersebut memang haus akan VRAM dan menuntut ray tracing untuk hadirkan hasil maksimal pada PC yang kalian miliki.

Gimana dengan PC Gaming VRAM di bawah 12GB?

Contoh PC gaming standar untuk mainkan game ringan

Sebagai gamer, tentunya kalian akan melontarkan pertanyaan ini sembari mempertanyakan eksistensi PC gaming milik kalian yang mungkin hanya dibekali VRAM ala kadarnya, 4-8GB misalkan.

Kalau boleh jujur, sebenarnya hal ini tidak akan mempengaruhi produktivitas dan kenyamanan kalian saat memainkan bermacam game, termasuk keluaran terbaru. Hanya saja, kalian harus pandai-pandai dalam mengatur pengaturan karena bisa saja spesifikasi yang dimiliki tidak bisa jalankannya pada rata kanan.

Penulis contohkan, bahkan prosesor AMD Ryzen 5 5600G dengan VRAM 128MB dan tanpa VGA diskrit masih saja mampu banget kok untuk menjalankan Genshin Impact maupun Apex Legends meski terkadang harus diturunkan resolusinya menjadi 900P atau bahkan 720P dalam beberapa kasus.

Artinya, tidak semua game maupun aplikasi bakalan menuntutmu untuk memiliki VRAM sebesar 12GB, kecuali kalau kamu merupakan salah satu gamer yang menginginkan semua pengaturan mentok rata kanan, sesimpel itu.

Jadi, Kesimpulannya?

Lah, malah bingung menentukan spek PC gaming

Pada akhirnya, standar PC gaming zaman now bisa jadi membutuhkan VRAM 12GB atau bahkan tidak, karena keputusannya ada di tangan para gamer itu sendiri. Walau berdalih akan gunakannya sembari untuk bekerja semacam edit video, namun benefit dari memiliki banyak VRAM tidak akan kentara bila kamu hanya mengedit video di 720P saja.

Apalagi kalau game yang kalian mainkan hanya sekadar Genshin Impact atau mungkin game kompetitif, kami malah merasa kalau VRAM 8GB sudah lebih dari cukup untuk digeber rata kanan pada game tersebut atau untuk ditandem dengan monitor dengan refresh rate 120-165Hz.

Bahkan meski kalian saat ini masih gunakan VGA dengan RAM 2-6GB sekalipun (apalagi integrated), selama kalian nyaman memainkan game zaman now dan tidak masalah untuk mengorbankan kualitas, tentunya hal ini bukanlah masalah besar.

Namun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan upgrade ke VGA yang memiliki VRAM di atas 8GB karena mungkin ke depannya akan semakin sedikit VGA yang tawarkan VRAM tersebut dengan harga terjangkau.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version