Aplikasi Download Terbaik Selain IDM yang Gratis + Link Download

in ,
Donlot Tanpa Idm

Download atau bahasa resmi yang telah diakui KBBI dalam bahasa Indonesia disebut “mengunduh” merupakan kegiatan yang bisa diibaratkan satu paket dengan kegiatan berselancarmu di internet. Namun kecepatan internet yang tak stabil terkadang membuatmu gundah karena sering kali file berukuran besar yang kamu download via browser terkadang gagal download dan tak bisa dilanjutkan sama sekali. Dari sinilah download manager atau aplikasi download dibutuhkan.

Kebanyakan aplikasi download miliki fitur untuk mengatur file yang telah kamu download ke beberapa folder yang bisa kamu tentukan. Misalnya saja musik ke folder music, film ke folder video, dan yang lain. Tak hanya itu saja, aplikasi download juga mampu meningkatkan kecepatan download hingga 10-16 kali lipat menggunakan “saluran” download layaknya core dari Processor/CPU. Tentunya semua itu kembali pada koneksi dan kecepatan internetmu.

Dari sekian banyak aplikasi download, Internet Download Manager atau IDM menjadi salah satu aplikasi download terbaik yang pernah ada. Kepopulerannya dengan dukungan koneksi hingga 32 jalur membuat IDM menjadi aplikasi download terngebut yang pernah ada. Sayangnya, harganya yang bisa dibilang cukup mahal membuat banyak orang mencari alternatifnya.

Kali ini kami akan memberikanmu daftar aplikasi download terbaik selain IDM yang gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menikmati fitur yang kurang lebih sama persis dengan IDM namun tanpa merogoh kocek sama sekali. Apa saja aplikasinya? Berikut aplikasi download terbaik selain IDM yang gratis.

Download Accelerator Plus

Download Accelerator PlusSimple dan sangat mirip IDM adalah kesan pertama saya ketika mencicipi aplikasi Download Accelerator Plus atau DAP. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi download terbaik yang juga populer di kalangan mereka yang hobi download. Berbeda dengan IDM, aplikasi download ini miliki fitur converter video ke MP3, media player, hingga video converter yang bisa digunakan untuk melengkapi proses downloadmu.

Tak hanya versi gratis, DAP juga miliki versi premium yang akan berimu fitur tambahan seperti extreme acceleration, trace cleaner, file shredder, hingga zip preview. Namun, nyaris semua fitur utamanya bisa kamu nikmati secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Download

EagleGet

Pertamakali saat saya mencicipi software ini adalah ketika IDM yang saya miliki tidak berfungsi dengan baik. EagleGet menjadi salah satu software alternatif lain bagi saya pribadi dan saya rekomendasikan bagimu untuk mempercepat kecepatan download di internet.

EagleGet miliki berbagai fitur menarik layaknya IDM, ia miliki Smart Video Grabber, Malware Checker, Automatic Refresh Checker Download Address agar kamu tak perlu pusing apakah link downloadmu masih berfungsi atau tidak, dan masih banyak lagi. Kemiripan fiturnya dengan IDM jaminmu dengan mudah untuk menjalankan aplikasinya.

Download

Internet Download Accelerator

Internet Download AcceleratorNamanya yang cukup straightforward membuat Internet Download Accelerator jelaskan fungsinya langsung pada penggunanya hanya melalui nama. Berbeda dengan IDM, aplikasi download ini miliki berbagai fitur menarik seperti ZIP preview, FTP Explorer, dan yang lain. Meskipun tampilannya memang tidak bisa disejajarkan dengan aplikasi download lain.

Sama dengan DAP, IDA juga miliki fitur premium yang mungkinkanmu menikmati softwarenya dengan support langsung dari developernya. Versi premium juga akan hilangkan promosi upgrade yang akan muncul di versi gratisnya. Menariknya, kamu bisa mendapatkan semua fitur tersebut hanya dengan membayar $9.95 atau 130-140 ribu rupiah tergantung kurs saat ini. Jauh lebih murah dibanding IDM yang paksamu bayar berkisar 200 ribu rupiah. Namun, kamu yang tak miliki uang masih akan tetap bisa menikmati IDA secara cuma-cuma, tanpa batas waktu.

Download

Free Download Manager


Gratis bukan berarti kacangan, itulah yang ditunjukkan oleh Free Download Manager. Nama “Free” alias gratis tak serta merta menjadikannya sebuah software downloader yang tak miliki fitur unik.

Selayang pandang, software ini sama dengan IDM. Namun Free Download Manager miliki beragam fitur menarik lainnya yang bahkan tak dimiliki software berbayar tersebut. Salah satunya adalah torrent downloader, media player, hingga yang paling unik adalah convert format media apapun dalam gamenya. Membuatnya menjadi satu paket software yang tak bisa didapatkan di IDM. Terlebih, kamu bisa menikmati semua fiturnya tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Download

GetGo Download Manager

Getgo Download ManagerGetGo Download Manager merupakan aplikasi download terbaik selanjutnya yang mampu berikanmu fitur drag and drop download. Kamu juga bisa lakukan copy paste link, memilih folder untuk ekstensi file khusus seperti MP4 ke Video atau MP3 ke Music, preview, hingga mengingat login usernamemu untuk bisa mengakses link download pada file yang diproteksi.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa lakukan jadwal download, hingga mengambil sekaligus download video apapun yang muncul di website streaming video. Sayangnya, Windows menjadi satu-satunya operating system yang didukung oleh GetGo Download Manager. Jadi, sepertinya aplikasi download ini harus dihindari jika kalau kamu menggunakan Mac atau Linux.

Download

MigMigi

MigmigiMigMigi menjadi salah satu aplikasi download selanjutnya yang sayangnya lagi-lagi hanya mendukung operating system Windows. Sama seperti IDM, aplikasi ini miliki download terjadwal hingga fitur resume. Quick access yang dimilikinya menjadi salah satu fitur yang bisa tunjukkan download mana saja yang masih berjalan, terhambat, selesai, atau gagal.

Menariknya meskipun gratis, aplikasi ini tak miliki iklan sama sekali. Websitenya sendiri bahkan tak tunjukkan keberadaan versi premium dari MigMigi. Membuatmu tentunya bingung bagaimana perusahaan ini bisa mendapatkan pundi-pundi uang agar mereka bisa bertahan hidup. Namun, kamu tak perlu memikirkan hal tersebut dan nikmati fitur lengkapnya tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Download

Xtreme Download Manager


Dari sekian banyak aplikasi download, Xtreme Download Manager mungkin menjadi salah satu aplikasi yang miliki user interface yang super simple. Sayangnya, aplikasi yang satu ini miliki add-on yang menurut saya cukup berbahaya jika kamu melakukan internet banking. Hal ini karena add-on yang dimiliki Xtreme Download Manager atau XDM akan meminta izin padamu untuk melihat dan mengganti semua data dalam situs yang kamu kunjungi.

Tak hanya download, XDM miliki preview, resume broken download, limit download speed, convert file, download terjadwal, hingga shutdown. Menariknya, kamu tak perlu menggunakan Windows untuk menjalankan aplikasinya. Hal ini karena XDM miliki support untuk semua operating system. Baik Windows, Mac, dan Linux. Sementara add-onnya akan dukung browser seperti Chrome, Firefox, Opera, dan browser lain.

Download


Itulah aplikasi download terbaik selain IDM yang bisa kamu nikmati secara gratis tanpa perlu trial selama beberapa hari atau membelinya dengan harga yang cukup mahal. Tentunya dengan menggunakan aplikasi di atas, kamu bisa meningkatkan kecepatan download hingga berkali-kali lipat tergantung koneksi internetmu.

Apakah kamu telah mencoba aplikasi di atas dan move on dari IDM? Atau mungkin kamu memiliki aplikasi download terbaik selain IDM lainnya? Jangan sungkan untuk menulis semua yang pernah kamu coba melalui kolom komentar yang diperkuat oleh Disqus di bawah.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at author@gamebrott.com