Aplikasi untuk Dongkrak Performa GPU LHR Ini Ternyata Berisi Malware

Aplikasi Bypass Gpu Nvidia Lhr

Pada pertengahan tahun lalu, kita disuguhi dengan sebuah aplikasi di mana graphic processing unit (GPU) dari kubu hijau telah “diisengi”. Fitur lite hash rate (LHR) yang ditanamkan pada kartu grafis dengan embel-embel LHR tersebut ternyata mampu di bypass. Siapa sangka bahwa aplikasi yang dibuat untuk dongkrak performa GPU LHR ini berisi malware.

Sudah Dites, dan Memang Berisi Malware

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa aktivitas menambang kekinian alias cryptomining, kembali tenar beberapa waktu belakangan. Maraknya aktivitas tersebut, berhasil buat manufaktur terapkan fitur LHR demi pastikan GPU sampai ke tangan para gamers.

Sayangnya, beberapa waktu silam fitur dari GPU LHR tersebut berhasil di bypass. Bedanya, beberapa hari lalu, penulis temukan bahwa versi kedua alias V2 ini ternyata malah berisikan malware.

Hal ini dibuktikan oleh kanal Red Panda Mining LIVE!, dengan para penguji bernama ChumpchangeXD dan Y3TI baru-baru ini. Video tersebut dapat kalian lihat di bawah ini:

Dalam video berdurasi 80 Menit tersebut, pihak Red Panda Mining LIVE! (RPML) berkeinginan untuk menjajal aplikasi yang mampu dongkrak performa GPU tersebut. Aplikasi atau software bernama Nvidia RTX LHR V2 Unlocker tersebut, ternyata adalah aplikasi palsu yang bahkan bisa merusak sistem korbannya.

Pada menit keempat, terdapat notifikasi “Windows protected your PC” ketika RPML menjalankan unlocker tersebut. Artinya, ada indikasi sesuatu yang tak beres pada aplikasi yang baru-baru ini mengudara tersebut. Hal ini semakin diperparah dengan memberikan pengecualian pada Drive C: sang korban.

Dan tepat di menit 29:48, RPML menunjukkan bahwa Nvidia RTX LHR V2 Unlocker tersebut berisi malware. Ini menandakan bahwa ada upaya untuk membinasakan para cryptominers yang kerap memborong GPU dan turut andil dalam menaikkan harga pasaran.

Selang beberapa waktu setelah video mengudara, link GitHub yang disediakan untuk men-download unlocker ini berhasil dihapus. Gimana menurut kalian, brott? Apakah ini ulah para gamers atau pihak yang merasa marah karena banyaknya miners yang memborong GPU?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version