Aplikasi Populer CamScanner Terindikasi Terdapat Malware Berbahaya

hummingwhale android malware

Jika kalian menginstal aplikasi ini, sepertinya ada sebuah kabar buruk karena dalam sebuah laporan dikatakan bahwa aplikasi ini terdapat sebuah malware yang sangat berbahaya. Jika kalian sudah terlanjut menginstallnya maka cepat-cepatlah uninstall aplikasi tersebut dari ponsel kamu.

Aplikasi tersebut adalah CamScanner, pasti diantara kalian ada yang tahu dan mungkin menggunakanya, aplikasi tersebut adalah sebuah aplikasi kreator PDF dimana kamu bisa menscan dokumen menjadi sebuah file dengan bermodalkan kamera ponsel saja. ZDNet mencatat, aplikasi ini sudah di-download tak kurang dari 100 juta kali semenjak rilis tahun 2010 di Google Play Store.

Penemuan ini pertamakali diketahui oleh para peneliti keamanan dari Kaspersky lab, dan dikatakan lebih lanjut, para peneliti keamanan di Kaspersky juga mendapati sejumlah versi baru dari aplikasi tersebut juga berisikan Trojan yang dirancang untuk mengirim malware ke ponsel Android.

Aplikasi ini sendiri dibuat dan dirancang oleh developer CC Intelligence yang berbasis di Shanghai. Secara spesifik, Kaspersky mendeteksi adanya modul Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n. sebauh modul Trojan dimana dia akan memproses hingga muncul Trojan Downloader, nantinya Trojan Downloader tersebut akan mengunduh modul-modul jahat lainnya ke ponsel yang terinstall CamScanner.

Dari informasi yang kami ringkas dari Android Police, malware tersebut pertama muncul pada update 16 Juni (versi 5.11.3.20190616) dan bertahan hingga update 25 Juni (versi 5.12.0.20190725), hingga kemudian dihilangkan pada update 30 Juni (versi 5.12.0.20190730).

Setelah kejadian itu bocor, kini aplikasi tersebut telah terkena sanksi hingga kemudian dihapus oleh Google dari Play Store, namun tidak jelas berapa lama aplikasi tersebut akan terkena sanksi apakah sementara atau selama-lamanya.

 

Sumber : ZD.net


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version