Analis Katakan App Sideloading iPhone Bakal Sangat Ketat

App Sideloading Iphone

Apa yang selama ini dijaga ketat oleh Apple perlahan akan dilucuti satu persatu oleh kebijakan Uni Eropa dan AS. Setelah kemarin Apple dipaksa harus mengganti port Lightning di iPhone mereka dengan USB C, serta harus memberikan dukungan repairability pada produk mereka, kini mereka harus tunduk sekali lagi pada kebijakan EU.

Kebijakan yang dimaksud adalah memberikan pilihan sideloading pada suatu ekosistem OS. Dimana selama ini sudah dilakukan oleh Google namun tidak oleh Apple. Lantas, apakah Apple mau begitu saja meluluh lantakkan tembok yang sudah mereka jaga puluhan tahun ini?

Apple Siapkan App Sideloading iPhone Atas Permintaan Kebijakan Uni Eropa

App Store satu-satunya cara mendapatkan aplikasi

Jawabannya ya mereka mau tidak mau harus melakukannya. Selain itu bersifat memaksa oleh Uni Eropa lewat Digital Markets Act, kebijakan tersebut mengharuskan siapapun bukan hanya Apple tidak boleh bersikap tertutup dan terlihat memonopoli.

Menurut analis Mark Gurman lewat Power On newsletter di situs Bloomberg, ia katakan kalau Apple memang akan berlakukan app sideloading di ekosistem mereka. Hanya saja tentu layaknya rutinitas Apple sebelumnya, terdapat pengawasan ketat agar aplikasi dapat di rilis developer secara sideload.

Pengguna dulunya lakukan jailbreak untuk memasang app selain dari App Store

Ini mengisyaratkan kalau app sideloading di iPhone atau produk Apple sejenis tidak akan segampang di Android. Mark juga katakan bila Apple akan mulai berlakukan sideloading ini pada suatu waktu di awal tahun 2024.

Sideloading Mungkin Tidak akan Segampang Android

Salah satu bahaya sideload yang digaungkan Apple

Jadi, mereka yang sudah senang bisa lakukan sideloading pada iPhone mungkin harus sedikit kecewa. Selain terdengar cukup ketat, tampaknya tidak semua izin sideloading bisa didapatkan oleh developer. Jejak kemampuan sideloading ini sepertinya sudah mulai terlihat di update beta iOS 17.2.

Mengingat Apple sangat keras dalam menentang sideloading aplikasi sejak dulu atas alasan keamanan, sepertinya mereka sekarang juga berusaha keras dalam mengontrol agar meskipun merobohkan tembok, setidaknya jangan sampai tumbang tak bersisa.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version