Apple Akan Berhentikan Layanan iTunes, Ganti dengan Aplikasi Baru

in ,

Hampir 20 tahun mengudara, siapa sangka bahwa aplikasi sekaligus layanan pemutar musik, podcast, film dan serial TV dalam satu paket besutan Apple yang tentunya kita kenal dengan nama iTunes, akhirnya akan segera diberhentikan.

Hal ini disampaikan melalui konferensi yang dilakukan oleh para developer dari Apple (via Bloomberg), dimana mereka akan banyak melakukan perubahan untuk aplikasi maupun perangkat Apple di masa yang akan datang. Seperti Apple Watches yang lebih independen dari iPhone, iPad yang makin menyaingi kekuatan sebuah laptop, serta aplikasi-aplikasi baru untuk menggantikan iTunes terutama untuk perangkat Mac maupun PC dan Laptop secara umum.

Aplikasi iTunes di PC, Laptop atau Mac.

Alih-alih menghadirkan kembali layanan pemutar musik hingga film dalam satu aplikasi, Apple berencana akan meluncurkan trio aplikasi baru — Musik, TV dan Podcast — tersebut secara terpisah.Belum jelas kapan layanan iTunes akan segera diberhentikan, maupun kapan trio aplikasi tersebut akan diungkapkan.

Namun Apple yang juga berencana akan ungkap perangkat baru di penghujung tahun ini, besar kemungkinan bahwa trio aplikasi tersebut akan langsung tersematkan pada perangkat-perangkat baru Apple, atau mungkin juga melalui Software Update yang dilakukan secara berkala.

Pengguna Apple, terutama pengguna iPhone maupun iPad, tentunya tidak perlu khawatir karena aplikasi Apple Music tetap bisa digunakan. Dimana yang membedakan kedua aplikasi pemutar musik tersebut adalah, Apple Music yang berbasis langganan layaknya Spotify, sedangkan iTunes lebih berbasis konvensional dengan mengunduh lagu-lagu yang telah dibeli.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Teknologi atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]