Apple Blokir Epic Games, Regulasi Eropa Lakukan Investigasi

Apple Blokir Epic

Apple Blokir Epic Games – Epic pada bulan lalu mengumumkan bahwa mereka akan merilis launcher untuk platform store mereka di platform iOS untuk region Eropa. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Apple dimana mereka akan mematuhi Digital Markets Act (DMA) di Eropa.

Apple juga telah memberikan Epic sebuah akun developer agar dapat melanjutkan proses pengembangan dan merilis lebih cepat. Namun sayangnya, Epic sepertinya sudah tidak dapat merilis menggunakan akun tersebut karena kini status akun telah diblokir oleh Apple.

Regulasi Eropa Investigasi Apple Blokir Epic Games

Diinvestigasi Badan Regulasi Eropa

Akibat pemblokiran tersebut, badan Regulasi Eropa kini turun tangan dan melakukan investigasi terhadap perseteruan Apple dan Epic Games. Kini, badan regulasi tersebut menunggu jawaban dari Apple terkait peblokiran yang terjadi.

Diketahui bahwa baru-baru ini Apple telah memblokir Developer Account Epic di platform mereka dengan alasan terverifikasi tidak dapat dipercaya. Hal ini tentunya cukup aneh dimana sebelumnya Apple menyetujui DMA.

Menurut Epic Games sendiri, pemblokiran tersebut adalah pelanggaran serius dari Digital Markets Act di region Eropa. Dilansir dari Reuters, juru bicara Komisi Eropa telah “meminta penjelasan lebih lanjut” mengenai blokir dalam perjanjian DMA.

Juru bicara ini menjelaskan bahwa mereka akan mengevaluasi apakah tindakan Apple meningkatkan keraguan terhadap kepatuhan mereka dengan Digital Services Act (DSA), dan juga P2B (Platform to Business Regulation).

Alasan Apple Blokir Epic Games

Alasan Blokir Akun

Apple telah merespon pernyataan public Epic mengenai terminasi akun. Menurut Apple, pelanggaran oblikasi kontraktual kepada Apple menyebabkan bahwa mereka memiliki hak untuk melakukan penutupan seluruh anak perusahaan Epic.

Hal ini berdasarkan persidangan 2021 mengenai kasus Antitrust antara Apple dan Epic Games yang dimenangkan oleh Apple. Perusahaan ini juga menjelaskan bahwa berdasarkan masa lalu serta kelakuan saat ini dari Epic, mereka memilih untuk menjalankan hak mereka.

Epic sendiri pada akhir tahun lalu memenangkan kasus yang sama dari Google. Jika Apple mampu menjelaskan alasan blokir akun tersebut kepada anggota badan regulasi, rasanya masa depan Epic di platform tersebut akan punah.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version