Apple Bolehkan Install Aplikasi iOS Lewat Website, Tapi S&K Berlaku

Install Aplikasi Ios Lewat Website

Buntut dari berlakunya UU anti-monopoli market digital atau Digital Markets Act yang belakangan ini lagi ditegakkan, Apple harus membayarnya dengan merobohkan sendiri pagar besi yang selama ini mereka bangun.

Pasalnya, UU baru Uni Eropa tersebut mengharuskan para Gatekeeper; sebutan untuk raksasa teknologi seperti Google, Apple, dan teman-temannya ini tidak memiliki kontrol penuh yang bisa menyebabkan monopoli. Tentu yang paling kena dampaknya adalah Apple, dimana ia harus memberikan akses ke pengguna fitur sideloading serta pembayaran dari pihak ketiga.

Apple Bolehkan Install Aplikasi iOS Lewat Website Developer, Tapi…

Boleh install Aplikasi dari website, tapi ada syaratnya

Sayangnya, meski raksasa tekno ini terkesan tunduk mengikuti kebijakan baru, nyatanya mereka terkesan seperti terpaksa dan masih memberikan berbagai hambatan dan batasan. Terutama soal pemberian izin mendownload aplikasi iOS langsung dari website developer-nya.

Apple masih memberikan batasan bagi developer yang sudah memiliki jumlah download sebesar 1 juta kali di tahun sebelumnya baru bisa menikmati fitur install melalui website. Dari pemberitahuan resmi Apple, perusahaan bermarkas di Cupertino tersebut mengatakan kalau fitur distribusi melalui website ini akan tersedia akhir musim semi ini.

Layanan tersebut akan tersedia setelah update software yang mereka hadirkan nanti. Seperti yang bisa ditebak, fitur yang dimaksud hanya akan tersedia di wilayah Uni Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa (EEA).

Banyak Batasan yang Harus Diikuti

Aturan masih ketat

Tidak berhenti sampai disana saja, masih ada beberapa aturan yang perlu diikuti para developer untuk bisa mendapatkan akses install app lewat website. Selain 1 juta download yang dimaksud tadi, developer juga dibolehkan memasang link di situs yang sudah terdaftar di App Store Connect.

Diluar itu, pengguna juga harus menyetujui suatu developer di pengaturan iOS sebelum bisa mengunduh dari website dimaksud. Belum selesai, ada juga tarif terpasang untuk fitur ini yang mereka beri nama Core Technology Fee (CTF). Setahun pertama setelah mencapai 1 juta download digratiskan, namun setelahnya akan dikenakan biaya 50 sen Euro per pemasangan di tahun pertama setelah periode gratis 12 bulan usai.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version