Apple Kena Denda 1,8 Miliar Euro oleh Uni Eropa, Buntut Kasus Spotify

Apple Kena Denda

Apple Kena Denda

Apple sepertinya belum bisa menghela nafas lega meski sudah membuka akses sideloading untuk iPhone di kawasan Eropa. Ekosistem yang selama ini dijaga oleh Apple dibuka paksa oleh Komisi di Uni Eropa.

Hanya saja, urusan belum selesai sampai disitu saja. Apple kini diharuskan membayar denda antimonopoli yang cukup besar. Apple tentu telah mengajukan banding, namun seperti apa sebenarnya yang menimpa Apple sampai kena denda setinggi itu?

Apple Kena Denda 1,8 Miliar Euro atau Setara 30 Triliun Rupiah oleh Uni Eropa

Kena denda 30,7 Trilian Rupiah

Seperti biasa, denda Apple setinggi itu lantaran masih terindikasi melakukan praktik monopoli. Menurut Uni Eropa, Apple telah memberlakukan pembatasan kepada developer aplikasi untuk memberikan informasi bahwa adanya sideloading dan pembayaran alternatif.

Pembatasan informasi ini menurut pembuat kebijakan dagang di Uni Eropa sebagai praktik yang dilarang. Kabarnya Apple melarang layanan streaming dari Swedia yaitu Spotify untuk mengabari penggunanya soal pembayaran pihak ketiga.

Sebagai hasilnya, Komisi di Eropa memberlakukan denda sebesar 1,8 miliar Euro atau setara 30 triliun Rupiah kalau dikonversikan. Uni Eropa bahkan menyebut perilaku Apple ini sebagai kebijakan anti-setir.

Buntut Kasus Panjang Apple dan Spotify

Layanan streaming musik dari Swedia

Adapun menurut komisi di Eropa sana, hal yang dilanggar Apple ini sedikit banyak mirip dengan perdagangan tidak adil yang mana ada undang-undangnya di Eropa sana. Komisi ini bahkan membagikan beberapa poin kesepakatan yang diminta Apple kepada developer, seperti:

Denda sebesar 1,8 Miliar Euro ini menurut komisi Eropa adalah jumlah yang cukup sebagai tindakan pencegahan. Nominal yang lebih kecil dari itu akan terlihat seperti tiket parkir untuk Apple. Bagaimana menurut kalian soal ini brott?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version