Apple Larang Fortnite Kembali ke App Store Setidaknya Selama 5 Tahun

Fortnite Apple A

Hasil pengadilan antara Epic Games vs Apple telah diumumkan. Meskipun kedua sisi mendapatkan kerugian masing-masing, Epic Games bisa dibilang lebih menang banyak ketimbang Apple. Tak hanya Apple kini tidak dapat lagi memonopoli pendapatan eksternal sebuah game seperti microtransaction, dan harus memperbolehkan developer untuk mendapat langsung pendapatan tersebut ke kantong mereka, Apple juga harus mengaktifkan kembali akun Epic Games dan akses pengembangan Unreal Engine untuk iOS dan Mac.

Namun sayangnya masih ada satu hal yang belum memuaskan pihak Epic Games – Fortnite masih tidak diperbolehkan rilis kembali ke platform milik Apple.

Lewat Twitter, Tim Sweeney jelaskan kalau Epic Games telah setujui untuk mengikuti semua guideline dan aturan dari Apple dan bahkan membayar $6 juta seperti yang diperintahkan pengadilan, namun Apple justru tetap pertahankan keputusan mereka untuk menolak Fortnite kembali. Bahkan memblokir game battle-royale populer itu setidaknya 5 tahun kedepan.

Tentunya Tim Sweeney dan Epic Games kecewa atas keputusan ini. Mereka memandang Apple telah mengambil aksi “antikompetitif” yang menjadi”sebuah kekalahan terhadap kompetisi yang adil dan kebebasan konsumen.” Dia juga menuduh Apple telah melanggar janji dimana mereka menerima kembali Fortnite selama kondisi mereka telah dituruti.

“Baru saja minggu lalu, Epic setuju kepada Apple bahwa kami akan mengikuti aturan layaknya [developer] lainnya. Malam kemarin, Apple memberitahu Epic kalau Fortnite telah diblokir dari ekosistem apple hingga tuntasnya semua banding di pengadilan,” ungkap Sweeney

“Proses ini bisa memakan waktu hingga 5 tahun,” tambahnya.

Dengan Fortnite lebih didominasi pada platform PC dan console, absen dari platform Apple mungkin tidak begitu dipedulikan oleh banyak komunitasnya. Namun Apple tetaplah perusahaan yang sangat besar dan platform yang mereka miliki pengguna yang juga besar, situasi yang dialami Epic Games ini menghilangkan potensi pendapatan mereka.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version