Apple M3 Series Diumumkan, Jadi Chipset dengan Fabrikasi 3nm Pertama dari Apple

Apple M3 Series

Raksasa Apple tampaknya tidak ingin kehilangan momentum dalam menghadirkan chipset teranyarnya, Apple M3 Series yang baru-baru ini diumumkan. Chipset tersebut dikatakan akan menjadi chipset pertama dari Apple dengan fabrikasi 3nm dengan sejumlah peningkatan disana-sini. Sehebat apa chipset tersebut?

Apple M3 Series Jadi Chipset 3nm Pertama

Komparasi antara chipset terbaru Apple

Sebelumnya, Apple M3 Series telah digoda kehadirannya pada Apple Scary Fast Event 2023 yang dilangsungkan belum lama ini. Raksasa tersebut goda banyak sekali inovasi di akhir bulan Oktober sembari semarakkan hari Halloween.

Selain goda kehadiran MacBook Pro dan iMac terbaru, Apple M3 Series yang dibuat dengan fabrikasi 3nm dikatakan akan diluncurkan dalam beberapa varian, di antaranya adalah chipset M3, M3 Pro, dan M3 Max.

Bakal Dipersenjatai dengan Teknologi Ray Tracing

Berdasarkan informasi yang disajikan pada YouTube Apple, semua chipset Apple M3 Series tersebut akan dipersenjatai dengan teknologi ray tracing yang selama ini diimpikan oleh para gamer.

Tidak hanya itu, chipset teranyar dari Apple juga dikabarkan akan dilengkapi dengan fitur penunjang, termasuk di antaranya fitur mesh shading dan dynamic memory yang bisa mengalokasikan jumlah memori yang dibutuhkan suatu aplikasi secara akurat.

M3 ‘biasa’ dibekali 8 CPU dan 10 GPU

Walau dibekali dengan teknologi terkini, terlihat chipset M3 masih dibekali jumlah core pada CPU dan GPU yang sama dengan M1 dan M2, yakni 8 CPU dan 10 GPU.

M3 Pro dibekali 12 CPU dan 18 GPU

Lain halnya M3 Pro yang membawa 12 CPU dan 18 GPU, dan M3 Max yang dipersenjatai 16 CPU dan 40 GPU, yang jumlahnya empat kali lipat dari varian lainnya.

M3 Max dengan 16 CPU dan 40 GPU

Lompatan performa yang ditawarkan oleh chipset Apple M3 Series tersebut tentunya merupakan kabar baik, mengingat saat ini lompatan performa di dunia smartphone amat sedikit, dan ternyata raksasa Apple mampu mewujudkannya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version