Apple Mulai Perketat Kebijakan Perilisan Game di AppStore China

in ,

Pemerintah Cina telah mengumumkan peraturan baru dalam bidang penerbitan game. Di mana para developer, publisher dan pengelola platform digital harus menerbitkan ISBN kepada game yang dikelolanya. Penerapan kebijakan penerbitan game yang mirip dengan penerbitan buku ini bertujuan agar konten tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah Cina.

Dilansir dari Pocketgamers, Apple mulai mengumumkan persiapan penerapan kebijakan pemerintah cina untuk App Store. Apple mulai memperingatkan penggunaan ISBN pada developer game dalam platformnya untuk memiliki ISBN. Apabila tidak memiliki ISBN pada tanggal 30 juni, game baru tidak akan bisa terdaftar di AppStore Cina.

Kebijakaan ini diberlakukan kepada game baru pada App Store secara ketat, namun belum ada penjelasan soal game yang sebelumnya telah dirilis App Store. Hal tersebut masih menunggu pengumuman selanjutnya dari pihak Apple. Sepertinya kebijakan ini untuk sementara hanya berlaku untuk game baru berbayar dan menyertakan pembelian didalamnya sedangkan untuk game hypercasual yang gratis tanpa pembelian dalam game, tidak termasuk dalam kebijakan ini.

Pemaparan di atas memberikan gambaran tentang bagaimana Apple menangani penerbitan game di platform yang dikelolanya. Jika gagal mengatasi masalah ini, kemungkinan Apple akan kesulitan mempertahankan platformnya untuk pasar Cina. Apalagi game yang belum diumumkan soal penanganannya.


Baca juga artikel artikel lainnya di Gamebrott atau artikel video game menarik lain dari Aru Akasa.

Avatar

Written by Ali

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.