Apple permasalahkan Logo Pir yang ada di Aplikasi Resep masakan

in , ,
Bynljmwmlneilzj 1600x900 Nopad
Bynljmwmlneilzj 1600x900 Nopad

Apple baru – baru ini dikabarkan telah mengajukan sebuah pemberitahuan penolakan baru terhadap perusahaan persiapan makanan karena menggunakan logo Pir dalam aplikasi Prepear yang merupakan aplikasi resep masakan. Apple mengatakan bahwa logo pir tersebut terlalu “mirip” dengan logo Apple sendiri sehingga bisa menyebabkan ilusi dari logo apple yang dianggapnya sudah khas di dunia. Hal ini juga akan mempersulit konsumen untuk membedakan product antara Prepear dan Apple yang merupakan pelanggaran terhadap “The Lanham Act

Prepear sendiri merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan dan merapikan resep – resep yang telah dimasukan di dalamnya. Prepear sendiri menggunakan logo pear dengan daun kecil berwarna hijau yang disematkan di kanannya, dan Apple mengungkapkan bahwa:

“Logo minimalistis dari si pembuat aplikasi Mark mengingatkan pada logo Apple yang terkenal dan menciptakan sebuah kesan komersial yang mirip/serupa. Merek apple yang terkenal dapat langsung dikenali sehingga bisa menyebabkan konsumen biasa percaya bahwa kedua perusahaan tersebut berkaitan satu dengan yang lain, ataupun di endorsed oleh Apple sendiri”

Hal ini membuat co-founder dari prepear yaitu Russel Monson membuat sebuah petisi dengan judul “Save the Pear from Apple” yang sampai sekarang ini telah mendapatkna 14.000 tanda tangan. Ia menjelaskan bahwa perusahaan yang dibuatnya merupakan bisnis kecil dengan 5 orang pekerja yang tak bisa melawan sebuah perusahaan sebesar Apple.

Hal ini bukanlah kali pertama Apple membuat laporan dan mengambil aksi legal kepada perusahaan lain karena menggunakan logo yang “dianggapnya” mirip. Di 2019 lalu, Apple memberikan laporan yang sama kepada salah satu kantor paten di Norwegia dengan alasan bahwa salah satu partai politik disana memiliki logo apel yang sangat mirip dengan logo perusahaan besar tersebut.

Bagaimana menurutmu brott terkait dengan laporan yang diberikan oleh Apple tersebut?


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain seputaran game Mobile! Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di [email protected]

Avatar

Written by Jay