Apple Resmi Tutup Akun Epic Games dari App Store

in ,
Epic Games Vs Apple 2048x1152 655d8b5179f55822

Usai hasil keputusan sementara beberapa hari silam, Apple kini resmi “matikan” akun developer dari Epic Games. Hal ini berarti mereka tidak dapat lagi menjual game maupun konten mereka ke Appstore.

Epic Games masih diperbolehkan untuk kembangkan Unreal Engine untuk iOS disebabkan karena perintah dari hasil keputusan sementara kemarin. Maka developer third-party yang kembangkan game iOS dengan menggunakan teknologi Unreal Engine masih dapat beroperasi dan tidak terganggu dengan perselisihan kedua perusahaan.

“Kami merasa kecewa harus menutup akun Epic Games dari Appstore,” Apple memberikan pernyataannya kepada 9to5Mac. “Kami telah berkerja sama dengan Epic Games selama bertahun-tahun. Pengadilan merekomendasikan Epic untuk mengikuti aturan Appstore selama kasus berlanjut, aturan yang telah mereka turuti hingga tiba-tiba melanggarnya yang sebabkan situasi ini.”

“Epic telah menolak mengikuti aturan. Mereka justru berkali-kali memberi update Fortnite yang didesain untuk melanggar aturan dari Appstore. Ini tidaklah adil untuk developer lain di Appstore dan membuat konsumen berada di tengah-tengah perselisihan. Kami harap kami bisa berkerja sama kembali kedepannya, sayangnya hal tersebut belum dapat direalisasi sekarang.” Tambah perusahaan di balik iPhone dan katalog Macbook tersebut.

Tak lama setelah pernyataan tersebut dipublikasi, Tim Sweeney, CEO dari Epic membuat balasan lewat Twitter. Dia menjelaskan bahwa Apple tidak menutup akun mereka karena terpaksa, tetapi karena mereka yang memang mau.

Kasus Apple vs Epic Games hingga saat ini terus berlanjut. Pengadilan meminta untuk kedua perusahaan terus memberikan argumen detil sebelum dapat mengambil keputusan akhir. Selama kasus ini berlanjut, pemain Fortnite mungkin harus pasrah dapat memainkan chapter 2 season 4 di platform iOS.


Baca pula informasi lain terkait Apple beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.