Apple Rilis Dokumentasi Port USB C di iPhone 15 Series, Kabel Tetap Kecepatan USB 2

Port Usb C Di Iphone 15

Kalau ada satu hal yang bisa memaksa Apple untuk mengubah cara kerja produk mereka, tidak lain adalah kebijakan Uni Eropa. Bagaimana tidak, berkat peraturan di Eropa ini, Apple dipaksa untuk merilis iPhone 15 menggunakan port USB Type-C dan harus meninggalkan port Lightning yang sudah menemani iPhone sejak beberapa tahun terakhir.

Tapi semuanya sudah masa lalu, port Lightning sekarang hanya tinggal digunakan pada beberapa lini iPhone lama, AirPods, serta iPad generasi ke-9. USB Type-C merupakan bagian integral yang perlu diperhatikan oleh Apple, sayangnya Apple tetaplah Apple.

Apple Rilis Dokumentasi Port USB C di iPhone 15 Series

Apple rilis dokumentasi port USB C di lini iPhone

Melansir dari halaman dokumentasi Apple terkait Port baru di iPhone ini. Disebutkan kalau port tersebut dapat mengeluarkan daya sebesar 4,5Watt untuk mengecas perangkat lain seperti AirPods Pro maupun perangkat kecil lainnya yang mendukung USB Power Delivery.

Tidak tanggung-tanggung, port di iPhone 15 Pro model juga sudah mendukung kecepatan hingga USB 3.2 Gen 2 dengan kecepatan 10Gbps. Dokumen tersebut juga menyebutkan kalau iPhone 15 segala seri juga mendukung koneksi ke layar eksternal yang punya interface DisplayPort. Adapun dukungan layar maksimal yang dapat dicapai adalah 4K 60fps dan HDR.

Dukung koneksi layar eksternal screen-mirroring

Tidak hanya itu, iPhone 15 juga mendukung interface HDMI lewat port terbaru ini. Dimana pengguna koneksikan ke layar TV lewat HDMI dan bisa mencapai 4K 60fps juga dengan HDR10 atau Dolby Vision jika perangkat TV mendukung.

Kabel Dukungan USB 3.2 Gen 2 10Gbps untuk Pro Model Tetap Dijual Terpisah

Kabel masih speed USB 2

Tapi tentu saja semua itu membutuhkan kabel tambahan yang mendukung setidaknya USB 3.1 (dijual terpisah) beserta adapter tambahan tergantung pengguna ingin mengkoneksikan ke DisplayPort atau HDMI. Apple juga menjual kabel yang mendukung Thunderbolt 4 Pro Cable secara terpisah.

Cukup disayangkan mengapa kabel yang diberikan pada paket penjualan tidak langsung mendukung konektivitas tertinggi. Padahal langkah Apple untuk menyamakan port di segala lini produk mereka sudah dinilai baik oleh berbagai penikmat tech seluruh dunia. Bagaimana menurut kalian brott?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version