Apple Sebut Gugatan Hukum Epic Games Hanyalah Trik Marketing untuk Fortnite

in ,
37783 71223 37507 70488 37301 70000 Apple Free Fortnite Epic Games Xl Xl Xl

Perang hukum Epic Games Vs Apple terus berlanjut. Untuk saat ini, pengadilan telah menetapkan keputusan sementara dimana Apple perbolehkan tutup akses Fortnite dari Appstore namun biarkan Unreal Engine tetap berlangsung. Namun tuntutan terus berlanjut dengan kedua pihak diminta untuk saling memberikan argumen.

Dilansir dari PC Gamer, Apple kini telah mengajukan beberapa argumen yang dimana mereka merasa Epic telah memperpanjang situasi yang mereka buat sendiri. Apple klaim bahwa Epic telah “membuat api, menumpahkan bensin di api tersebut, lalu meminta bantuan pengadilan untuk memadamkannya.”

Apple juga mengklaim bahwa Epic mengajukan gugatan ini bukan untuk alasan yang baik untuk industri, tetapi lebih sebagai taktik marketing Fortnite mereka. Apple beranggapan bahwa popularitas Fortnite terus menurun. Pada bulan Juli 2020, ketertarikan orang akan Fortnite telah jurun hampir 70% dibandingkan Oktober 2019. Tuntutan hukum yang mereka ajukan ini adalah bagian dari kampanye marketing agar game kembali menjadi bahan pembicaraan, alhasil menarik kembali perhatian pemain.

En 13br Freefortnitecup Social 1920x1080 797052629 1600x900Argumen ini, ditambah dengan argumen lainnya, menjadi senjata untuk menyangkal klaim Epic Games yang mengatakan Apple telah rugikan mereka dengan secara reputasi maupun finansial karena praktek monopoli yang diberlakukan di Appstore. Bagi Apple, apabila Epic benar-benar tidak ingin alami kerugian, mereka tak seharusnya membuat kesalahan yang mereka lakukan sendiri.

Epic membantah klaim dari Apple dengan membalas bahwa Fortnite tetaplah populer sebelum maupun sesudah kasus gugatan ini diajukan. Menurut Epic, Apple hanya mendasarkan data mereka dengan mencari bulan di mana google search tengah alami penurunan dan bukan berdasarkan jumlah pemain. Epic justru mengatakan bahwa Fortnite terus mengalami kenaikan pemain hingga saat ini.

Kasus hukum antara Apple dan Epic Games tampaknya takkan berakhir dalam waktu dekat. Untuk saat ini, Fortnite di iOS akan terus terjebak di versi lama, membuat pemain harus pasrah dengan versi itu dan beralih ke console atau PC.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.