Apple Secara Resmi Beri Dukungan GPU Eksternal Untuk Produk Mac-nya

mac gpu

image courtesy, the verge

Seperti yang telah diketahui banyak orang, produk dari Apple baik MacBook hingga iMac cenderung lebih populer untuk kalangan professional, sangat jarang gamer yang menggunakan perangkat tersebut untuk bermain game. Keanyakan pengguna Mac denderung untuk keperluan design baik foto dan video atau digunakan sebagai sebuah perangkat untuk beberapa perusahaan yang berkerak di pengembangan software.

Dilansir dari The Verge, Apple telah mengumumkan secara resmi di bulan Juni silam, bahwa macOS akan mendukung GPU eksternal. Melalui update terbaru dari macOS High Serra, pengguna Mac dapat menghubungkan sejumlah kartu grafis yang berbeda ke perangkat Mac melalui port Thunderbolt 3 dan menggunakan daya tambahan untuk mempercepat proses sesuai dengan kebutuhan, termasuk untuk bermain game dan video editing. Apple sendiri lebih menggaris bawahi bahwa dukungan ini lebih cenderung digunakan untuk VR (Virtual Reality).

Mungkin hal ini tidak membuat beberapa orang merasa heran dengan langkah Apple yang satu ini, namun kalian juga tidak bisa berharap lebih karena ada beberapa batasan yang bisa kalian temukan meskipun telah mendukung GPU eksternal. Salah satunya adalah hanya beberapa model graphic cards yang secara resmi mendukungu fitur tersebut. Dan… Apple hanya mendukung beberapa graphic cards AMD Radeon, yang mana telah tersedia di dalam Mac tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa Nvidia GeForce tidak dapat berjalan di fitur tersebut, beberapa orang mendapatkan dapat menjalankan fitur tersebut dalam kondisi beta dimana graphic cards tersebut dapat berjalan, tapi tetap saja untung-untungan tidak semuanya berjalan dengan baik.

Hal selanjutnya yang tidak bisa kalian lakukan meskipun telah mendukung GPU eksternal adalah GPU  tersebut tidak dapat berjalan di Windows menjalankan sistem operasi Windows di Mac melalui Boot Camp di Mac. Di sisi lain, meskipun tidak bisa melakukan beberapa hal diatas, baik developer juga harus mengaktifkan dukungan untuk itu. Dan akhirnya untuk menikmati fitur tersebut pengguna Mac juga harus memiliki produk Mac yang baru juga, karena GPU eksternal bergantung pada kecepatan yang disediakan oleh Tunderbolt 3. Beberapa produk yang mendukung fitur tersebut adalah Mac keluaran 2016 dan 2017, seperti MacBook Pro, 2017 iMacs, dan Imac Pro.

Sebagai penutup, untuk menikmati dukungan GPU eksternal ini tetap masih menitih beratkan untuk kalangan professional dimana mereka membutuhkan MacBook Pro dengan tampilan yang elegan dan ringan saat dibawa kemana-mana lalu dengan menambah ratusan dollar lebih untuk menikmati performa yang lebih saat di kantor maupun dirumah bisa menambahkan GPU eksternal untuk kebutuhan lainnya seperti editing video hingga bermain game dengan maksimal.

Akhir kata, apakah kamu punya perangkat Mac brott ? untuk memainkan beberapa game yang mendukung sistem operasi macOS, seperti Dota 2, CS: GO atau beberapa game lainnya. Namun dengan adanya dukungan ini juga tidak menutup kemungkinan para developer mulai merambah macOS sebagai platform tujuannya.

Exit mobile version