Apple Dirumorkan Akan Tarik Biaya Sideloading ke Developer yang Rilis Diluar AppStore

Biaya Sideloading

Apple sepertinya sedang berusaha untuk mencapai tenggat waktu Maret ini, dimana mereka harus sudah menyediakan opsi sideloading untuk iPhone dan juga metode pembayaran alternatif. Apple selalu terkenal tidak mau membuka ekosistem mereka karena alasan privasi dan keamanan.

Namun, dengan diberlakukannya Digital Markets Act di Eropa sana, mau tidak mau Apple harus mengikuti kebijakan pemerintah yang sudah ada. Tapi, seperti berita sebelumnya, ada laporan yang katakan kalau mungkin sideloading di iPhone nanti tidak akan sesuai perkiraan semua orang.

Apple Akan Tarik Biaya Sideloading ke Developer Bila Rilis Luar AppStore

Toko aplikasi di iPhone

Berdasarkan laporan dari Wall Street Journal, ada kemungkinan kalau Apple akan mempersulit developer untuk tambahan opsi sideloading di luar AppStore nanti. Soalnya, dari rumor yang beredar, dikabarkan Apple akan menarik fee dan pengawasan app dengan ketat sebelum diizinkan sideload.

Dengan begini, Apple memang akan kehilangan fee 30% dari potongan AppStore namun dengan tambahan fee sideloading seperti ini, bukan tidak mungkin kalau hasilnya tidak akan jauh berbeda. Tingkah laku Apple ini tentu bertentangan dengan tujuan dibuatnya DMA di Eropa sana.

Namun sepertinya, langkah Apple kali ini tidak melanggar aturan yang ada di DMA secara spesifik. Wajar saja karena aturan baru ini masih sangat ambigu dan akan diperbaharui seiring jalan. Jadi, kemungkinan besar Apple masih bisa lolos dengan cara ini dalam waktu dekat.

Laporan di WSJ itu pun katakan kalau Apple akan berlakukan perubahan ini setidaknya sebelum Maret tahun ini. Ini berarti ada kemungkinan pengguna iPhone sudah bisa menikmati sideloading setidaknya di iOS 17.4.

Apa Itu Sideloading App?

Apa itu sideloading?

Lantas apa sebenarnya sideloading itu? Seperti yang kita ketahui, pada perangkat Android, kalian dibolehkan mendownload dan memasang aplikasi di luar PlayStore yang Google sediakan. Tindakan inilah yang dinamakan sideloading. 

Yang berbeda di ekosistem Apple, sideloading bisa dikatakan tidak pernah eksis untuk iPhone dan sekelasnya. Jadi, jika sewaktu-waktu Apple menarik suatu aplikasi dari AppStore mereka, maka konsumen tidak akan lagi bisa mendownload aplikasi tersebut karena tidak ada jalur lain yang tersedia.

Bagaimana menurut kalian soal pengetatan sideloading yang Apple lakukan? Apakah benar-benar bagus dan aman? Atau akal-akalan Cupertino saja?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version