[RUMOR] Apple Stop Produksi Chip Touch ID, Apa Kabar iPhone SE 4?

Touch Id

Sudah 6 tahun lamanya sejak pertama kali Apple mengenalkan Face ID sebagai pengganti verifikasi biometrik Touch ID. Teknologi yang pertama kali muncul di iPhone X ini masih terus dipakai Apple hingga iPhone 15.

Hanya saja, Touch ID sendiri belum sepenuhnya punah. Teknologi jadul ini masih dipakai di iPhone terjangkau seri SE dan iPad Mini dan Air terbaru. Tapi, dari rumor terbaru tampaknya Apple berencana untuk secara permanen meninggalkan teknologi ini.

Apple Dirumorkan Stop Produksi Chip Touch ID

Bakal di-stop produksi

Dari sumber berita di Weibo (via Wccftech), Apple dikabarkan akan stop produksi chip yang digunakan di teknologi Touch ID. Hal ini berarti Apple memang tidak ada rencana sama sekali untuk mengembalikan teknologi tersebut ke produk mereka.

Rumor ini juga selaras dengan berita kalau iPhone SE 4 tidak akan lagi gunakan sistem verifikasi sidik jari. Pasalnya, dari rumor yang sudah-sudah, seri iPhone terjangkau ini akan gunakan desain sama seperti iPhone 14 dengan notch dan verifikasi wajah.

iPhone SE baru kabarnya bakal gunakan Face ID

Pertandanya, sistem biometrik yang digunakan mungkin adalah pengenalan wajah alias Face ID. Rumor mengenai seri iPad belum ada kejelasan sampai sekarang. Namun, bisa dipastikan jika Apple harus mengganti verifikasi biometrik jadul ini, mereka harus gunakan Face ID atau mencari solusi lain.

Pertanda Apple Mau Kembangkan In-Screen Fingerprint?

Touch ID dalam layar

Apple bisa saja menggunakan in-screen fingerprint seperti yang sudah lumrah digunakan smartphone rival mereka, Android. Hanya saja Apple masih belum terlihat punya tanda-tanda untuk implementasi teknologi tersebut dalam waktu dekat.

Soal rumor mereka tengah mengembangkan Touch ID dalam layar sudah ada sejak beberapa waktu lalu. Namun, pengguna sepertinya tidak akan menemukan teknologi ini di iPhone tahun depan atau 2 tahun lagi.

Sebab, perkiraannya Apple baru akan selesaikan pengembangan teknologi sidik jari dalam layar ini setidaknya 2026. Ini berarti pengguna harus menunggu sampai setidak iPhone 18 kalau dilihat dari jadwalnya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version