Apple Ubah Aturan Untuk Sistem Cloud Gaming Microsoft dan Google

in ,
Google Apple
Google Apple

App Store merupakan toko digital milik Apple yang terdapat pada sistem IOS. Apple terkenal cukup ketat menangani berbagai hal yang masuk di App Store. Beberapa waktu lalu, Apple ikut aturan dari pemerintah Cina untuk mencabut izin beberapa ribu game dari App Store. Sebelumnya juga, karena aturan yang ketat, Apple menghapus Fortnite dari Appstore.

Dilansir dari Pocketgamer, Apple merubah aturan untuk izinkan sistem cloud Gaming Microsoft dan Google. Sebelumnya pada bulan agustus Apple melarang aplikasi sistem Cloud Gaming tersbut. Kedua aplikasi dari Microsoft xCluod dan Google Stadia ditolak untuk masuk dengan alasan melanggar aturan. Meskipun tidak cukup detail aturan mana saja yang dilanggarnya.

Xbox Stadia 2

Namun, baru-baru ini pihak Apple merubah aturan tersebut dengan mengizinkan keduanya untuk masuk. Akan tetapi, Apple memberikan aturan yang sangat ketat. Game tidak dapat langsung dimainkan melalui aplikasi sistem Cloud Gaming, namun gamenya harus didownload satu persatu melalui Appstore, lalu dapat dimainkan.

Pihak Microsoft sendiri agak kecewa sebagaimana pernyataanya. Microsoft berikan pernyataan kepada The Verge bahwa “ini tetap merupakan pengalaman yang buruk bagi pelanggan. Gamer ingin terjun langsung ke dalam permainan dari katalog pilihan mereka dalam satu aplikasi seperti yang mereka lakukan dengan film atau lagu, dan tidak dipaksa untuk mengunduh lebih dari 100 aplikasi untuk memainkan game individu dari sistem Cloud.”

Oleh karena itu, pemaparan di atas memberikan gambaran bagaimana Apple merubah aturannya terkait sistem Cloud Gaming. Meskipun sistem Cloud Gaming milik Microsoft yaitu xCloud sendiri masih belum rilis, namun sudah mendapat hambatan yang cukup besar. Secara umum sistem Cloud Gaming sendiri belum cukup banyak berkembang. Ke depannya perkembangan tersebut mungkin akan terlihat.


Baca juga artikel artikel lainnya di Gamebrott atau artikel video game menarik lain dari Aru Akasa

 

Avatar

Written by aru_akasa

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com