AppStore dan Google PlayStore Resmi Hapus Fortnite Setelah Epic Games Memasukan Opsi Pembayarannya Sendiri

Dims

Sepertinya Epic Games masih benar-benar masih belum sepakat dengan kebijakan pemotongan 30% dari tiap keuntungan gamenya di AppStore dan Google Play Store. Dimana hal tersebut berbuntut kepada munculnya sebuah metode pembayaran baru yang disebut “Epic Direct Payment”. Merasa Epic Games melanggar aturan pedoman dari AppStore dan Google PlayStore, akhirnya pihak Apple dan Google secara resmi menghapus game Fortnite dari layanan penyedia unduhan tersebut.

 

Hal tersebut diawali ketika pihak Epic Games, melalui Fortnite mengadakan sebuah event bertakjub “mega drop” yang memberikan diskon V-Bucks kepada setiap pemainnya sebesar 20% dengan syarat mereka melakukan pembayaran melalui ” Epic Direct Payment”. Alasan utama Epic Games melakukan hal tersebut, karena pihak Epic Games merasa, bahwa pihak Apple dan Google secara terus menerus mengambil keuntungan sebesar 30% dari setiap pembelian melalui layanannya. Sebelumnya sang CEO Tim Sweeeny sendiri telah meminta pada Apple dan Android untuk mengehentikan “praktek monopoli” tersebut, karena hal tersebut dirasa merugikan para developers game.

Kabarnya guna merespon penghapusan Fornite dari kedua aplikasi tersebut, pihak Epic Games siap menuntut pihak Apple dan Android. Epic Games sendiri mengajukan sebuah tuntutan ganti rugi dan menuduh Apple dan pihak Google telah memonopoli pasar terkait distribusi aplikasi. Tentunya langkah yang diambil oleh pihak Epic Games sendiri bisa menjadi sebuah kerugian bagi para pemain Fortnite, khususnya yang memainkan game ini di smartphone mereka. Mari kita tunggu saja, akan seperti apakah drama Apple, Google dan Epic Games ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game serta artikel keren lainnya dari Andi Permana.

For any further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version