Aquaculture Land – Game Lokal Dengan Tema Budidaya Ikan Bergaya Sandbox

in , ,

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, industri game di Indonesia memang berkembang cukup baik, para developer indie telah banyak menunjukan tajinya. Semuanya mampu menghadirkan banyak game menarik, yang tak hanya menarik minat gamer lokal saja, namun juga memberikan atensi secara global. Salah satu diantara banyaknya developer tersebut adalah Maulidan Games, melalui Aquaculture Land, mereka coba menghadirkan sesuatu yang unik terkait game simulasi.

Aquaculture Land merupakan sebuah game manajemen pengelolaan budidaya ikan air tawar dengan mekanik sandbox. Game tersebut juga dibalut dengan visual pixel art 2D ala Stardew Valley, dalam Aquaculture Land , player akan menjadi seorang pengusaha budidaya ikan air tawar. Player akan mengelola semua hal yang berhubungan dengan perikanan, menghasilkan ikan dengan kualitas tinggi, serta memenuhi pesanan pelanggan untuk mendapatkan keuntungan berbisnis.

Berikut ini adalah segudang fitur yang disuntikan Maulidan Games kedalam Aquaculture Land:

Pond-Based Fish Environment (Sandbox Style)

Player dapat membuat atau membangun kolam ikan mereka sendiri, player dapat mengelola atau mengatur keadaan dari kolam agar sesuai dengan kebutuhan ikan yang akan mereka budidaya.

Pond Equipments
Terdapat alat-alat yang dapat membantu player dalam penyesuaian kondisi kolam seperti pompa, purifier, dan generator.

Diverse Types of Commodities with Each of Its Unique Characteristics

Terdapat berbagai macam jenis ikan, krustasea, dan moluska yang dapat player budidaya dengan karakteristik yang unik dari tiap individu tersebut sehingga tercipta keanekaragaman.

Feeding your commodities

Selain memberikan kondisi kolam yang tepat untuk ikan, Player juga  dapat memberi makan ikan secara berkala untuk membuat mereka tetap hidup dan tumbuh.

Employee / Worker
Player akan memiliki pekerja yang akan membantunya melakukan pekerjaan budidaya. Worker dapat diatur untuk melakukan pekerjaan mereka seperti memberi makan ikan, memperbaiki alat-alat yang ada, dan sebagainya secara otomatis atau Player dapat langsung memberikan arahan hal apa yang harus mereka lakukan.

Business Time
Untuk versi saat ini, terdapat dua pilihan yang dapat Player gunakan untuk mendapatkan uang, yaitu melalui pesanan pelanggan atau menjual hasil panen ke pasar. Pertama, Player dapat mengambil pesanan dari pelanggan kemudian membudidayakan ikan yang sesuai dengan pesanan. Kedua, Player dapat memeriksa jenis ikan apa yang memiliki harga paling mahal di pasaran. Kemudian Player hanya perlu membudiyakan ikan tersebut dan menjualnya ke pasar untuk mendapatkan uang.

Maulidan Games juga telah melakukan beberapa update berdasarkan dari masukan dan saran dari para player. Kedepannya, pengembangan Aquaculture Land akan lebih mengarah ke game manajemen seperti Megaquarium atau Kairosoft dari pada game seperti Stardew Valley atau Graveyard Keeper.

Mereka juga telah merencakan untuk menambah fitur kolam pancing dalam update kami selanjutnya. Jadi selain player dapat menjual hasil ikan budidaya, nantinya player juga dapat membuka kolam pemancingan untuk mendapatkan uang. Aquaculture Land sendiri telah membuka masa early acces di Steam, bagi kalian yang tertarik dapat membelinya melalui link berikut.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: [email protected]

Ernard Anky

Written by Ernard Anky