Negara Arab Saudi Beli 5 Persen Saham Nintendo Seharga Rp. 43 Triliun

Arab Saudi Beli 5 Persen Saham Nintendo

Negara Arab Saudi beli 5 persen saham Nintendo yang mencapai total hampir 3 triliun Rupiah yang menjadikan mereka sebagai pemegang saham terbesar kelima yang dimiliki Nintendo.

Industri video game merupakan salah satu industri yang perkembangannya, bisa dikatakan sangat pesat apabila dibandingkan mungkin 5 atau 10 tahun lalu. Sehingga tidak heran banyak pebisnis yang mulai melirik video game sebagai salah satu investasi yang cukup menggiurkan.

Salah satunya adalah Arab Saudi yang sudah banyak melakukan investasi terhadap perusahaan – perusahaan video game melalui Public Investment Fund (PIF), yaitu sebuah yayasan kedaulatan yang bertujuan untuk menginvestasikan dana, yang dikepalai oleh putra mahkota Mohammed bin Salman.

PIF

Dan baru – baru ini, PIF melakukan sebuah investasi kepada salah satu perusahaan game terbesar yang dimiliki Jepang, dimana perusahaan ini banyak menghasilkan franchise – franchise terkenal yang menemani masa kecil kita. Ya, kita berbicara tentang Nintendo yang saat ini menjadikan PIF sebagai salah satu pemegang saham terbesar mereka.

Negara Arab Saudi Beli 5 Persen Saham Nintendo

Informasi ini kami peroleh melalui Bloomberg dimana mereka menyatakan negara Arab Saudi telah membeli sekitar 5.01% saham Nintendo seharga 3 miliar Dollar atau senilai 43 triliun Rupiah.

Nintendo

Hal ini merupakan investasi terbesar dan terbaru yang dilakukan oleh PIF di industri video game, karena ini bukan pertama kalinya mereka melakukan investasi yang cukup besar di industri game.

Sebelumnya di awal tahun 2022 ini, PIF telah membeli 5 persen saham dengan total hampir 15 triliun Rupiah di perusahaan CAPCOM dan NEXON (khusus untuk NEXON, walaupun merupakan perusahaan Korsel, namun pembelian sahamnya dilakukan di Tokyo).

Pada bulan Desember tahun 2020 lalu, PIF juga membeli saham di 3 perusahaan game barat senilai 3 miliar Dollar juga, perusahaan tersebut adalah Activison Blizzard, EA, dan Take-Two.

Tidak hanya itu, negara Arab Saudi melalui Electronic Gaming Development Company, sudah mendapatkan 96 persen saham dari SNK, yang menjadikan mereka sebagai pemilik dari studionya yang juga mendapatkan beberapa franchise terkenal seperti Fatal Fury, Metal Slug, dan tentunya King Of Fighters.

Apa Tujuan dari PIF ini?

Melihat jumlah dana yang digelontorkan oleh PIF saat ini, walaupun masih di lingkup industri video game, bisa dilihat mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan investasi. Namun untuk apa? Mengapa mereka banyak melakukan investasi ke banyak perusahaan?

Ternyata PIF ini dibentuk untuk satu tujuan utama dari putra mahkota Mohammed bin Salman agar negaranya tidak terus menerus, bergantung kepada penjualan minyak yang memang menjadi devisa utama negara mereka.

Mohammed Bin Salman

Bagaimana menurut kalian? Apakah langkah dari PIF dalam membeli saham Nintendo sudah tepat? Atau menurut kalian mungkin ada saham perusahaan game lain yang lebih worth untuk dibeli? Berikan pendapat kalian.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait berita game atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version