Arab Saudi Investasi ke Activision, EA, dan Take-Two

in , , ,
Pif Investments

Badan pengelola investasi negara Arab Saudi – Public Invesment Fund (PIF) berikan suntikan dana ke sejumlah publisher game barat dengan total sekitar $3.3 milyar.

Dilansir dari Al Jazeera, badan yang dipimpin oleh putra mahkota Mohammed bin Salman – telah investasikan sebanyak $3.3 milyar ke ketiga perusahaan  game yaitu Activision Blizzard, EA dan Take-Two pada kuartal akhir tahun 2020.

Dari data yang didapatkan, Activision Blizzard mendapatkan investasi sebesar $1.4 milyar, EA sebesar $1.1 milyar, sementara Take-Two mendapat sebesar $826 juta.

Saudi Investment

Public Invesment Fund melakukan investasi besar kepada tiga publisher raksasa tersebut dengan tujuan membantu perekonomian negara agar tidak terus terpaku pada bisnis minyak. Sebelumnya PIF juga telah berkerja sama dengan bank besar Jepang yaitu Softbank untuk mengurus beberapa investasi ke beberapa perusahaan seperti Uber, WeWork, dan Slack. Organisasi Arab Saudi berhasil membeli 5% saham dari Uber seharga $3.5 milyar.

PIF merencanakan akan terus melakukan investasi ke berbagai industri dan mengembangkan berbagai proyek baru. Hal ini dilakukan agar dapat terus mengembangkan serta membangun diversitas pada ekonomi Arab Saudi.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.