Aslinya 14 Jutaan, Radeon RX 6900XT Liquid Edition Terjual dengan Harga Rp 28 Juta di Eropa!

Sejak awal perilisan, Radeon RX 6900XT memang menjadi salah satu GPU yang dipercaya mampu berkompetisi dengan GPU dari kubu sebelah yang terkenal akan besarnya performa yang diberikan.

Ketika pengumuman pada bulan Oktober tahun 2020 kemarin, Radeon RX 6900XT memiliki spesifikasi yang terbilang cukup tinggi. Di antaranya VRAM sebesar 16GB GDDR6, game clock sebesar 2015MHz, boost clock hingga menyentuh 2250MHz, infinity cache sebesar 128MB, dan TBP hingga 300W.

Kala itu, Radeon RX 6900XT memiliki harga yang terbilang “terjangkau” jika dibandingkan dengan kompetitornya pada saat itu yakni sekitar 14,4 juta rupiah sedangkan kompetitornya dipatok harga hingga 21,6 juta rupiah. Namun, kini harga ke dua GPU tersebut sedang meningkat sangat tinggi. 

Terlepas dari harga Radeon RX 6900XT yang saat ini sedang “tinggi”, kini sepertinya GPU Radeon RX 6900XT versi Liquid Cooling bawaan AMD nampaknya mulai terjual melalui salah satu situs jual beli di Eropa. 

Dikutip dari Videocardz, AMD sendiri telah mengatakan bahwa Radeon RX 6900XT versi Liquid Cooling tersebut kabarnya akan menjadi GPU limited edition dan tidak akan dijual. Melainkan hanya untuk “integrator” dan OEM tertentu saja yang akan mendapatkannya. 

Namun tidak disangka GPU tersebut ternyata mulai dijual melalui salah satu situs semacam online shop di Jerman bernama Mindfactory. Radeon RX 6900XT versi liquid cooling di atas telah terjual dengan harga yang terbilang fantastis, yakni 1750 Euro atau sekitar 28,4 juta rupiah. 

Sumber: Videocardz

Uniknya lagi, Radeon RX6900XT versi liquid cooling ini memiliki performa yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Radeon Rx6900XT versi biasa. Yakni memiliki game clock sebesar 2250MHz dan boost clock hingga menyentuh 2435MHz. 

Meski AMD sendiri telah menyatakan mereka tidak akan menjual GPU tersebut ke tangan konsumen, namun sepertinya GPU tersebut kini mulai tersentuh oleh ke beberapa tangan konsumen. Nampaknya, AMD sendiri perlu membuat suatu peraturan atau regulasi lebih ketat agar GPU “limited edition” mereka tidak jatuh ke tangan produsen atau konsumen yang “nakal”.


Baca lebih lanjut tentang AMD, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version