Assassin’s Creed Mirage Sisipkan Dialog Humor Colong Sandal di Masjid

Dialog Colong Sendal Di Masjid Assassin's Creed Mirage

Assassin’s Creed Mirage garapan Ubisoft Bordeaux telah meluncur semenjak 5 Oktober kemarin. Banyak fans tentu sudah atau masih asik menjelajahi kota Baghdad abad ke sembilan dengan Basim sebagai karakter utamanya.

Dari beragam hal yang disajikan dalam gamenya, terdapat sebuah dialog yang bisa dibilang kocak dan agaknya cukup menyentil sebuah kelakuan buruk yang kerap dilakukan suatu oknum Muslim di Indonesia. Secara spesifik, dialog ini menyebutkan aksi mencuri sandal di Masjid.

Dialog tersebut bisa dijumpai di awal permainan, di mana Basim dapat berbicara ke seorang NPC bernama Ameen yang sedang cedera. Basim menyebutkan bahwa sandal yang dikenakan Ameen sudah usang dan menyarankan untuk menggantinya, namun Ameen membalas dengan menceletukkan bahwa ada banyak pilihan sandal di Masjid.

Kamu bisa cek cuplikan dialognya pada cuitan di bawah ini.

Dialog ini tentu mengimplikasikan bahwa Ameen akan mendapatkan sandal baru tersebut dengan mencurinya di Masjid. Pada dialog lanjutannya pun Ameen mengatakan agar Basim tidak menghakimi hal yang akan dilakukannya ini, kemudian Basim membalas bahwa hal tersebut sejatinya diketahui antara Ameen dan Allah saja.

Belum jelas apakah dialog di atas memang secara khusus mereferensikan fenomena yang kerap terjadi di Indonesia ini, terutama saat salat Jumat. Mengingat Indonesia sendiri menjadi negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia (via Detik), mungkin saja Ubisoft tak sengaja mendapati fenomena ini saat meriset unsur-unsur Islam untuk Assassin’s Creed Mirage. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan juga bahwa ‘tradisi’ mencuri sandal di Masjid tersebut sudah terjadi semenjak masa lalu di berbagai negara mayoritas Muslim.

Assassin’s Creed Mirage (via Ubisoft)

Namun perlu diingat juga bahwa Assassin’s Creed Mirage sejatinya adalah video game, dan hal-hal Islami yang tersisip di dalam gamenya sendiri bisa dibilang adalah bumbu-bumbu untuk membuat setting lokasinya terasa lebih immersive. Sehingga tidak akan lurus tentunya jika menyamakan hal-hal yang terjadi di dalam gamenya dengan nilai-nilai Islam sesungguhnya.

Assassin’s Creed Mirage telah tersedia untuk platform PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One dan Xbox Series X|S.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Assassin’s Creed atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version