Assassin’s Creed Origins Miliki Proteksi Tambahan Selain Denuvo, Sebabkan CPU Usage Naik Drastis

promo327189060

Untuk game open-world besar seperti Assassin’s Creed Origins, wajar jika CPU akan berkerja lebih banyak untuk dapat terus render apa yang dilihat oleh pemain dari dekat ataupun kejauhan. Tapi apakah wajar untuk satu game sebabkan CPU usage capai 100%? Apakah game benar-benar memakan kerja CPU sebanyak itu? Dari laporan yang dibuat oleh DSOgaming, proteksi anti-bajak dalam game tampaknya juga bermain banyak pada kerja CPU.

Menurut grup peretas Revolt (via DSOgaming), Ubisoft telah tambahkan VMprotect diatas proteksi anti-tamper Denuvo. Versi Denuvo yang digunakan masih sama dengan versi lama yang dipakai Shadow of War dan South Park: The Fractured But Whole yang dibobol satu hari, namun penambahan VMprotect ini membuat game lebih sulit untuk dibobol karena VMP lindungi kode didalam Denuvo dari akses para peretas. Hasilnya adalah game yang diekspektasi akan terbobol lagi dalam satu hari ternyata belum tersentuh selama 3 hari terakhir.

Untuk Ubisoft sebagai developer dan publisher game, ini jadi kabar baik. Game tak terbajak oleh pemain diharapkan bisa membuat pemain terpaksa membeli game mereka secara legal untuk dapat bermain. Namun menurut Revolt, keberadaan VMprotect ini sebabkan kerja CPU naik 30-40% dari biasanya.

Tentunya ini masih spekulasi dari tim Revolt, apakah usage CPU yang tinggi disebabkan oleh implementasi VMprotect oleh Ubisoft atau apakah ini masalah optimisasi port semata pada dasarnya masih menjadi pertanyaan. Satu-satunya cara untuk membuktikan kebenaran klaim dari Revolt ini hanyalah dengan bermain dengan versi tanpa Denuvo ataupun VMprotect dari game. Akan tetapi, melihat game Ubisoft sebelumnya masih pertahankan Denuvo meski telah dibobol, kecil kemungkinan masalah ini dapat dibuktikan.

Seberapa efektif cara baru Ubisoft ini dalam melindungi game mereka dari pembajak? Kita tunggu saja nanti. Bagi kamu yang telah bermain Assassin’s Creed Origins, apakah kamu juga merasa CPU usage naik drastis setiap kali bermain game?

Source: DSOgaming

Exit mobile version