Asus Beri Pembaruan BIOS Motherboard untuk Intel Generasi 6 dan 7

Asus Bios Intel

Bertentangan dengan persyaratan sistem minimum yang diberikan oleh pihak Microsoft, Asus luncurkan dukungan Windows 11 pada motherboard CPU Intel lawas. Seperti yang dilansir dari TechSpot, Asus memberikan pembaruan firmware BIOS untuk motherboard yang menyasar pengguna yang masih menggunakan Kaby Lake dan Skylake.

Memudahkan Sekaligus Membingungkan Para Pengguna

Bagaimana tidak, langkah yang dilakukan Asus memang memudahkan, namun sekaligus membingungkan para pengguna yang ingin menggunakan Windows 11. Di satu pihak, Asus mulai meluncurkan pembaruan firmware BIOS untuk motherboard agar bisa menjalankan Windows 11.

Pembaruan tersebut menyasar motherboard untuk CPU Intel yang lebih tua daripada yang saat ini terdaftar di listing Microsoft. Langkah Asus ini menjadikan persyaratan minimal sebuah sistem untuk menjalankan Windows 11 yang kontroversial kini menjadi lebih membingungkan.

Terkait kompatibilitas, hal itu agaknya sudah ditekankan pada Windows Blog pihak Microsoft itu sendiri di sini. Dengan menggunakan minimal Intel Generasi Ke-8 lah pengguna dipastikan dapat menikmati Windows 11.

Memang, baru-baru ini Microsoft melakukan revisi terhadap dukungan CPU yang kompatibel dengan Windows 11 yang bisa dibaca di sini. Namun, pihak Microsoft sama sekali tidak menyinggung akan mendukung Intel Generasi Ke-6 dan Ke-7.

Kebutuhan Akan TPM Yang Masih Belum Pasti?

Tidak dapat dipungkiri bahwa update terbaru dari Asus ini sangat membantu pengguna, karena dapat mengaktifkan TPM secara otomatis. Tidak tanggung-tanggung, Asus bahkan membuat halaman yang memuat kompatibilitas Windows 11 untuk semua motherboardnya, yang sampai saat ini masih diperbarui di sini.

Seperti yang kita ketahui, CPU Intel yang didukung secara resmi oleh Microsoft untuk menjalankan Windows 11 adalah Intel Generasi Ke-8. Namun, update firmware BIOS terbaru dari Asus menambahkan kompabilitas Windows 11 untuk Intel Generasi Ke-6 (Skylake) dan Ke-7 (Kabylake).

Bukan hanya pengguna, ternyata pihak Microsoft juga menjadi bingung dengan keputusan dari pihak Asus. Memang, dalam waktu dekat Microsoft akan melakukan pengujian terhadap Intel Generasi Ke-7, namun saat ini Intel Generasi Ke-8 adalah syarat minimal mutlak untuk menjalankan Windows 11.

Gimana menurut kalian, brott? Hal ini menjadi tanda tanya, apakah benar TPM begitu mudahnya untuk di-bypass melalui update dari BIOS itu sendiri? Apakah kebutuhan akan TPM memang masih belum mutlak? Sepertinya hanya pihak Microsoft yang mempunyai kunci jawaban dari semua ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version