Atasi Anak yang Kecanduan Game, Tencent Akan Terapkan Fitur Scan Wajah saat Bermain

Tencent Facial Recognation

Kecanduan bermain game pada anak memang sering terjadi hampir setiap para orang tua di berbagai negara. Anak-anak selalu lupa waktu jika sudah bermain game bahkan hingga larut malam. Untuk solusi masalah ini, Tencent akan menghadirkan fitur Facial Recognition atau scan wajah pada game mereka.

Tencent Hadirkan Fitur Facial Recognition untuk Mengontrol Anak Bermain Game

Atasi Anak yang Kecanduan Game, Tencent Akan Terapkan Fitur Scan Wajah saat Bermain 4

Informasi ini berasal dari situs Weixin yang berasal dari Cina. Pada situs tersebut dijelaskan bahwa perusahaan Tencent akan menghadirkan sebuah fitur Facial Recognition pada beberapa aplikasi game mereka.

Fitur Facial Recognition ini bertujuan untuk mengontrol anak-anak di bawah umur di Cina bermain game melebihi batas waktu yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Aturan yang Telah Ditetapkan Pemerintah Cina

Atasi Anak yang Kecanduan Game, Tencent Akan Terapkan Fitur Scan Wajah saat Bermain 5

Di Cina terdapat aturan dimana anak-anak tidak diperbolehkan bermain game mulai dari jam 10 malam hingga jam 8 pagi. Mereka juga tidak boleh bermain game lebih dari 90 menit berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pemerintah Cina juga melarang anak di bawah umur untuk melakukan microtransaction pada suatu game yang menghabiskan pengeluaran lebih dari $28 (Rp 407 ribu) sampai $57 (Rp 830 ribu).

Cara Kerja Fitur Facial Recognition dari Tencent

Atasi Anak yang Kecanduan Game, Tencent Akan Terapkan Fitur Scan Wajah saat Bermain 6

Fitur Facial Recognition atau disebut juga “Midnight Patrol” dari Tencent akan melakukan scan pada wajah pemain dan memeriksa identitas nama dan wajah mereka berdasarkan database yang telah ada. Jika anak-anak bermain game melebihi waktu yang dianjurkan, mereka tidak akan bisa bermain game tersebut. Mereka dapat bermain kembali sampai mendapatkan waktu yang diberikan pada akun mereka.

Fitur ini akan terpasang sekitar 60 game milik Tencent termasuk game Glory of the King dan Peace Elite. Dikatakan bahwa untuk saat ini game League of Legends tidak akan mendapatkan fitur Facial Recognition. Namun suatu hari nanti game tersebut akan mendapatkan fitur Facial Recognition ini.

Pemain yang menghindari pembacaan scan pada game, sistem akan otomatis menganggap bahwa pemain adalah anak-anak di bawah umur. Kemudian game akan otomatis mati berdasarkan pembacaan Facial Recognition. Itu berarti fitur ini adalah syarat untuk bermain game.

Tencent mengatakan apabila pembacaan scan pada orang dewasa mengalami kesalahan, mereka dapat mencoba lagi dan sistem akan memberikan akses untuk memulai bermain game.

Itulah informasi mengenai perusahaan Tencent akan menghadirkan fitur Facial Recognition pada beberapa game mereka untuk mengontrol anak-anak di bawah umur bermain game melebih batas waktu yang ditetapkan pemerintah Cina.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tencent atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version