Axiom Verge Versi Epic Games Store Tak Dapat Dimainkan Karena Kehilangan File “Steam.xnb”

in ,

Untuk menarik perhatian gamer PC yang sudah dimanjakan oleh Steam, salah satu cara yang dilakukan Epic Games pada store barunya ialah memberikan game gratis tiap 2 minggu. Pada kesempatan kali ini, game metroidvania indie berjudul Axiom Verge menjadi game yang digratiskan. Game yang dibuat oleh Tom Happ di waktu senjanya selama 5 tahun ini telah dirilis pada tahun 2015 silam di Steam. Apabila kamu pecinta genre ini, tentunya kamu tak mau kelewatan promo gratisan kali ini.

Meskipun telah dirilis sejak lama, versi Epic Games Store yang baru saja dikeluarkan ternyata dihadapi masalah kecil. Game akan mendadak crash menuju desktop karena adanya satu file yang hilang. File tersebut ternyata adalah file bernama “Steam.xnb”. Melihat dari namanya mungkin sempat terpikir bahwa itu adalah file DRM dari Steam, tetapi itu ternyata hanyalah file suara untuk mesin uap yang ada di game.

Developer keluarkan respon pada masalah kecil ini dan menjelaskan apa yang terjadi. Melihat sebelumnya game ini dirilis di Steam, dia memutuskan untuk membuang seluruh file yang berhubungan dengan Steam untuk versi Epic Games Store. Tak disangka salah satu file yang dia hapus ialah file suara yang tidak ada sangkut paut dengan DRM dari platform milik Valve tersebut tetapi kebetulan miliki nama “Steam”. Untungnya masalah ini telah diperbaiki dengan cepat oleh developer dan game kini telah dapat dimainkan di versi EGS.

Apabila ada pelajaran yang bisa diambil dari masalah yang sepele ini, itu adalah untuk selalu mengecek kembali apa yang baru saja kamu “CTRL+F”.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.