Badan Periklanan Inggris Nyatakan No Man’s Sky Tidak Melakukan “Penipuan” Kepada Gamer

no mans sky fleet

Dianggap telah melakukan “penipuan” dari segi marketting, beberapa pemain game ini melaporkan No Man’s Sky ke badan periklanan di Inggris (Advertising Standards Authority). Setelah 2 bulan investigasi melalui pengecekan gambar yang ada di halaman store Steam dan Playstation Store serta pengecekan pada beberapa trailer yang digunakkan Sean Murray dan kawan-kawan, No Man’s Sky dinyatakan tidak melakukan “penipuan” sama sekali.

Alasan dibalik keputusan ASA ini adalah fitur procedurral generation yang ada di game, menurut mereka Hello Games telah secara benar menjelaskan bahwa seluruh planet di game mereka dibuat menggunakkan fitur tersebut yang membuat pengalaman bermain yang akan diterima oleh pemain akan berbeda-beda.

ASA mengaku bahwa mereka telah memainkan game ini secara langsung sambil membandingkannya dengan apa yang dipasarkan oleh Sean Murray di acara-acara gaming. Menurut mereka apa yang dijanjikan oleh Sean Murray memang ada benarnya, pemain takkan tahu apa yang mereka dapatkan dari game ini lagi-lagi karena seluruh yang terjadi di game procedurally generated. Karena fitur tersebut juga mereka berpendapat bahwa wajar saja jika pemain tidak akan dapatkan pengalaman bermain yang sama seperti apa yang diperlihatkan di trailer atau screenshot.Lalu bagaimana dengan fitur-fitur yang hilang seperti perang luar angkasa antar faksi yang diperlihatkan di E3 dulu? ASA mengambil perkataan dari Hello Games yang mengatakan bahwa “beberapa elemen di game tersebut terjadi lebih langka untuk kebanyakan pemain, yang dimana semakin jarang hal tersebut terjadi akan membuat pemain mendapatkan pengalaman yang makin tak terkira”.

Dinyatakan tidak bersalah, seluruh screenshot, trailer dan bahan marketting lainnya dari No Man’s Sky tetap boleh dipergunakkan di Steam, PS Store dan media yang lain.

Walau tak dinyatakan tak bersalah, kontroversi yang dibuat oleh No Man’s Sky ini telah membuat Valve memutuskan untuk meminta para developer untuk menunjukkan screenshot asli dari game mereka. Hello Games juga baru saja merilis update baru yang menambah banyak fitur untuk game space adventure ini, yang dimana update tersebut mereka klaim sebagai awal yang baru untuk No Man’s Sky.

Source: Eurogamer

Exit mobile version