Badan Rating Segera Cantumkan Peringatan Microtransaction di Tiap Video Game yang Dirilis

Loot Box
Bila terdapat microtransaction tentunya.

Campur tangan badan rating merupakan hal yang sangat lumrah di industri video game. Hal ini tentunya bertujuan untuk memperingatkan orang tua agar memilih game yang tepat untuk anaknya. Namun, berkat drama microtransaction yang terjadi beberapa bulan terakhir hingga ke ranah politik, mereka sepertinya berinisiatif untuk melakukan cara lain demi memperingatkan para non-gamer khususnya orang tua akan game yang dibelinya.

Badan rating Eropa, PEGI mengumumkan bahwa versi fisik video game dalam waktu dekat akan miliki icon “in-game purchase” atau microtransaction untuk game yang memiliki servis tersebut. Icon bergambarkan tangan yang sedang memegang kartu kredit tersebut telah digunakan di produk digital dan akan dipakai oleh PEGI untuk memberikan rating ke depannya.

Keputusan tersebut terjadi berkat hasil survey yang menunjukkan bahwa dua dari lima orang tua indikasikan anaknya menghabiskan uang demi membeli microtransaction. Icon tersebut ada demi memperingatkan pelanggan dan orang tua, bahwa game yang akan dibelinya akan miliki servis microtransaction yang bisa dibeli dengan uang asli.

Menurut postingannya di Reddit, icon yang bisa kamu lihat di atas juga secara tak langsung akan berikan aturan baru bahwa developer takkan mampu memberikan microtransaction setelah gamenya dirilis. Ini berarti mereka harus konfirmasikan pada PEGI terlebih dahulu bahwa game yang mereka buat miliki microtransaction dibanding harus menambahnya setelah gamenya dirilis.

Belum jelas kapan sistem ini akan diberlakukan, namun mereka memastikan bahwa ia akan resmi diimplementasikan mulai akhir tahun 2018.

Exit mobile version