Bagas31, Dari Software Gratis Sampai Jualan di Tokopedia

dims 1 1

Menilik maraknya peredaran Software Bajakan di Indonesia tak pelik peran distributor menjadi kunci tersendiri dari rantai pembajakan. Dilansir dari Tirto.id pemerintah selaku pemangku kebijakan mengaku kesulitan dalam mengontrol beradarnya software bajakan di Indonesia. Menurut Kepala Seksi Pencegahan Direktorat DJKI, Kementerian Hukum dan Ham, Anang Pratama, dirinya mengaku bahwa regulasi sekarang sulit untuk bergerak apabila tak adanya aduan dari masyarakat. Hal tersebut sekaligus menjelaskan tingginya angka pengguna di Indonesia yang mencapai 83 persen.

Beli Bagas31 Master Collection 2019 di Bukalapak

Alasan penggunaan sebenarnya beragam mulai dari harga software yang dirasa terlalu mahal, hingga mudahnya untuk mengakses produk bajakan tersebut. Meski begitu terdapat rule of thumb yang hingga kini masih diperdebatkan oleh khal layak umum. Hal tersebut sehubungan dengan etika pengguna alias etika user yang menghalalkan penggunaan software non-resmi untuk menempuh edukasi ataupun belajar. Meski kerap diperdebatkan, argumentasi tersebut memang terasa tak terlalu parah apabila pengguna tak mengambil keuntungan moneter secara langsung dari software yang bukan menjadi haknya. Namun berbicara mengenai ketika berbicara mengenai etika pengguna, bagaimana dengan etika sebagai penyedia ?

Sempat kami bahas mengenai fakta-fakta dari situs software bajakan Bagas31 pada artikel kami sebelumnya. Artikel tersebut mendulang banyak respon yang menganggap bahwa harga software yang mahal membuat Bagas31 terasa seperti seorang penyelamat. Tapi bagaimana jika Bagas31 tak hanya mengambil keuntungan dari traffic iklan pada websitenya, melainkan dirinya juga menjual software bajakan tersebut secara terbuka melalui tokopedia!

Bagas31 Jual Software Bajakan di Tokped

Ya, kalian gak salah baca. Mengesampingkan etika pengguna ataupun etika penjual software, Bagas31 mengkomersilkan software website mereka pada website mereka dan menggunakan Tokopedia sebagai portal penjualan. Pada websitenya Bagas31 menjual kumpulan software yang ia sebut sebagai “Bagas31 Master Collection 2019“. Software tersebut nantinya akan dimasukan kedalam flashdisk berukuran 16 Gb dan juga 32 Gb, dimana nantinya pembeli bebas merequest software apa yang mereka inginkan.

Seluruh produk yang terdapat di etalase toko bagas31 semua mendapat review sempurna pada platform Tokopedia. Bahkan tokonya sendiri mendapat rating 4.9/5, membuktikan bahwa banyak pengguna yang puas akan  produk Master Collection milik bagas. Namun apakah etis menjual produk yang bukan milik sendiri, lalu direbranding agar mendapatkan keuntungan komersil? Hal tersebut tentu kembali kepada pandangan masyarakat dalam menyikapi ini.

Namun menurut aturan resmi dari Tokopedia, sebenarnya sudah mengatur mengenai konten yang boleh diperdagangkan. Kalian bisa melihat tautan ini untuk melihat seluruh aturan jelasnya. Menilik poin Konten dalam S&K  Tokopedia, sebenarnya aturan mengenai hak cipta sudah dibahas secara jelas di poin 5 sampai poin 7. Namun poin yang sangat tegas ada di Poin 7.

7. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Tokopedia. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Tokopedia. – Syarat & Ketentuan Tokopedia

Namun entah mengapa Tokopedia sepertinya tak menindak hal ini.

Sedikit Edukasi Dari Mereka

Menelusuri website Bagas31 ataupun Kuyhaa ,2 diantara beberapa situs penyedia software bajakan, merupakan situs yang cukup berbeda. Sebab dua website ini memberikan opsi lain kepada para pengunjungnya untuk membeli software tersebut secara legal. Sehingga secara tak langsung dua website ini memberikan edukasi kepada para pengunjungnya, bahwa software yang kalian gunakan itu sebenarnya tidaklah gratis. Meski begitu terdapat dua perbedaan kontras yang membedakan Bagas31 dan Kuyhaa.

Dapatkan Segera Bagas31 Master Collection 2019  Hanya di Lazada

Kuyhaa di satu sisi secara langsung menyediakan software bajakan dan Original. Kuyhaa menjual sendiri Produk key Windows Original melalui pemesanan terlebih dahulu. Disisi lain Bagas31 menyediakan suatu space tertentu agar Rajalisensi (pihak yang menjual software original) bisa menaruh tautan website miliknya. Hal tersebut perlu kami mention bahwa setidaknya kedua website ini memang sadar bahwa software yang mereka bagikan tersebut bukanlah software legal.

Jika kalian tertarik membaca mengenai Berita game dan teknologi terkait kalian bisa membacanya disini.

Exit mobile version