Bahaya! Aplikasi Android Dengan 10 Juta Unduhan Ini Disusupi Malware

in ,

Sebuah aplikasi android populer di dunia dengan 10 juta unduhan itu baru-baru ini dilaporkan telah disisipi malware didalamnya. Aplikasi tersebut bernama Barcode Scanner ini disebut membawa sebuah malware bernama trojan.

Laporan ini, pertama kali dirilis oleh perusahaan firma keamanan Malwarebytes. Dalam laporanya itu, aplikasi Barcode Scanner versi terbaru buatan Lavabird LTD ini telah membawa malware berjenis trojan dengan julukan “Android/Trojan.HiddenAds.AdQR”.

“Setelah pembaruan pada Desember, Barcode Scanner berubah menjadi penuh dengan malware! Kami memperkirakan pembaruan itu terjadi pada 4 Desember 2020,” tulis Malwarebytes dalam laporannya.

Menurut Malwarebytes, malware ini secara diam-diam akan memaksa para penggunanya untuk melihat iklan ketika tengah berselancar di internet melalui web browser bawaan pada ponselnya.

Beberapa orang melaporkan ketika iklan ini muncul, para pengguna dipaksa untuk mengklik iklan tersebut. Iklan berupa pop-up tersebut akan menuju kepada aplikasi atau laman web yang diiklankan.

Ilustrasi iklan dari aplikasi Barcode Scanner yang muncul di browser.

Ketika iklan ini tampil, pengguna tidak bisa menghapus/menghilangkan iklan tersebut, bahkan pengguna tidak bisa menekan tombol back untuk kembali pada laman sebelumnya.

Saat ini, aplikasi tersebut telah dihapus oleh pihak Google dari toko aplikasi miliknya, Play Store. Namun, bagi para pengguna ponsel Android yang terlanjur menginstall aplikasi ini disarankan untuk menghapusnya dari ponsel Android miliknya.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me: [email protected]

 

 

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]