Baldur’s Gate 3 Sempat Diremehkan oleh Xbox, Larian, “Semuanya Juga Pikir Begitu”

Baldur's Gate 3 Diremehkan

Baldur’s Gate 3 Diremehkan – Baldur’s Gate 3 mungkin menjadi kejutan terbesar tahun ini. Banyak fans dari Divinity Original Sin memang telah ekspektasi game tersebut bakal bagus. Namun siapa sangka kalau game Baldur’s Gate 3 sempat diremehkan oleh beberapa pihak, termasuk dari Xbox sendiri. Benarkah itu?

Baldur’s Gate 3 Sempat Diremehkan oleh Xbox

Game ini sempat diremehkan oleh Microsoft dan pihak lainnya

Baldur’s Gate 3 ternyata sempat menjadi calon kuat game yang masuk katalog Xbox/PC Game Pass, layanan subskripsi andalan dari Microsoft. Pada Mei 2022 lalu, Microsoft ingin menjadikan game tersebut day-one atau langsung tersedia untuk diunduh di Game Pass. Tetapi bayaran mereka tergolong begitu sedikit.

Dilansir dari VGC, Microsoft bersedia membayar $5 juta untuk menjadikan game itu masuk ke Game Pass. Mereka ingin mengisi katalog mereka dengan deretan game RPG sebelum Starfield rilis, dan Baldur’s Gate 3 menjadi salah satu yang rilis tak berjauhan dengan game Bethesda tersebut.

Namun tampaknya mereka tak ekspektasi game tersebut bakalan mainstream di era di mana CRPG sudah tidak begitu relevan lagi, maka mereka hanya ingin memberi bayaran sekecil itu.

Baldur’s Gate 3

Sebagai perbandingan, Star Wars Jedi Survivor dan Assassin’s Creed Mirage juga menjadi target game yang masuk Game Pass, dan keduanya diestimasi akan dihargai $300 juta dan $100 juta agar bisa masuk ke katalog mereka.

Melihat kesuksesan Baldur’s Gate 3 sekarang, tentunya kalkulasi dari Microsoft jauh sasaran dan bahkan hilang kesempatan untuk mendapatkan salah satu game terheboh tahun ini ke meramaikan layanan subskripsi mereka.

Developer Baldur’s Gate 3 Memberi Respon

Respon dari developer

Melihat laporan tersebut tersebar di media sosial, developer dari Larian Studios yakni Michael Douse merasa wajar saja jika Microsoft akan berasumsi game mereka akan niche di audiens mainstream gaming sekarang.

Lewat Twitter, Douse tuliskan bahwa semua orang, termasuk studio itu tak ekspektasi Baldur’s Gate 3 akan “meledak” di pasaran. Game mereka mengusung genre yang tidak begitu ramah untuk audiens casual, mereka mengangkat franchise yang terlupakan, dan juga tak miliki dana pemasaran besar-besaran. Maka baginya wajar-wajar saja jika Microsoft akan salah estimasi akan game mereka.

“Dalam pembelaan mereka, begitu juga semua orang (merendahkan BG3). Sama seperti DOS2. Melihat genre, cara kami mendekatkan hal, dan eksekusi kami. Tak ada data yang sudah yang mampu membuktikan bagaimana BG3 bakal berperforma baik. Kami sekedar nekat (dalam pengembangan BG3).”

Michael Douse, Director of Publishing Baldur’s Gate 3

Game ini menjadi salah satu game dengan rating tertinggi di tahun 2023 akrena eksekusi elemen RPG DnD yang begitu kental, naratif bercabang yang membuat pemain terus dilema, dan karakter yang menarik.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Baldur’s Gate beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version