Banyak Aplikasi yang Hentikan Layanannya di Russia

Aplikasi Russia

Seperti yang telah kalian ketahui, baru-baru ini konflik Russia dengan Ukraina memanas. Imbasnya, banyak sekali aplikasi yang hentikan layanannya di Negeri Beruang Putih lantaran banyak yang kecewa dengan keputusan negara Russia tersebut.

Tidak Hanya Aplikasi Semata

Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan, sebenarnya tidak hanya satu dua penyedia aplikasi yang hentikan layanannya di Russia. Di antaranya ialah aplikasi transfer uang online PayPal, platform berbagi video TikTok, sampai dengan sarana streaming video Netflix.

Melalui Mykhailo Fedorov, yang menyatakan bahwa pihaknya mendapatkan email dari CEO PayPal, Dan Schulman. Dalam cuitan singkat tersebut, terpampang bahwa layanan PayPal kini resmi mulai diberhentikan di Russia.

Hal ini sangat disayangkan, karena layanan PayPal terbukti sangat membantu sebagian konsumen untuk mengirimkan uang ke kerabatnya secara online.

Sama halnya dengan platform berbagi video TikTok yang tak luput berikan update mengenai putusan mereka melalui akun Twitter. Pihaknya memutuskan untuk benar-benar hentikan layanannya karena pihak Russia terindikasi banyak bocorkan ‘berita palsu’ lalui TikTok.

Netflix pun seolah sependapat dengan beberapa aplikasi lain, dan kini resmi menutup layanannya di Russia baru-baru ini. Melansir TheVerge, juru bicara dari Netflix, Emily Feingold nyatakan telah mencabut layanannya di Russia.

Menariknya, hal ini diakibatkan oleh usulan dari Negara Beruang Putih yang menuntut aplikasi tersebut untuk siarkan 20-an saluran televisi propaganda. “Kami benar-benar tidak tertarik untuk memasukkannya ke dalam layanan kami,” pungkas Emily.

Sebenarnya, tidak hanya layanan di atas yang dihentikan operasionalnya, melainkan suplai elektronik pun turut dihentikan. Dua raksasa teknologi lainnya, AMD dan NVIDIA pun sepakat untuk tidak menyuplai komponen ke negara tersebut dengan berbagai pertimbangan.

Saat ini, meski aplikasi dan pasokan sudah mulai bertumbangan, kira-kira apa tanggapan dari Russia ya, brott? Apakah pihaknya bisa mengatasi serba keterbatasan ini, ataukah mereka akan buat caranya sendiri?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version