Data Pribadi Bocor, Johnny G. Plate: “Password Itu Harus Selalu Kita Ganti”

Data Pribadi Bocor

Data Pribadi Bocor – Warganet Indonesia pasti sudah sering mendengar berita mengenai kebocoran data pribadi mereka dalam sebuah perusahaan ataupun suatu instansi yang dilakukan oleh hacker. Kebocoran data tersebut mulai dari SIM Card, Kemenkumham, IndiHome dan lainnya membuat masyarakat khawatir data pribadi mereka disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Baru-baru ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memberikan pernyataan dan juga saran untuk masyarakat Indonesia terkait maraknya kebocoran data pribadi ini.

Johnny G. Plate Berikan Pernyataan Terkait Maraknya Data Pribadi Bocor

Menteri Komunikasi dan Informatika berikan pernyataan terkait maraknya kebocoran data pribadi milik masyarakat Indonesia

Dilansir dari Tempo, Menteri Komunikasi dan Informatika memberikan respon terkait kejadian kebocoran data yang terjadi dalam beberapa waktu ini. Johnny Plate mengingatkan untuk seluruh masyarakat Indonesia agar selalu mengganti password mereka di platform digital manapun.

One time password itu harus selalu kita ganti sehingga kita bisa menjaga agar data kita tidak diterobos.”

Johnny G. Plate

Menurutnya, kejadian kebocoran data yang marak terjadi dalam beberapa waktu ini berasal dari masyarakat yang lalai dalam menjaga data mereka. Johnny Plate mengatakan bahwa masalah kebocoran data tidak akan terjadi jika masyarakat menjaga baik-baik data pribadinya.

Pihaknya akan Memperjuangkan Aturan Data Lintas Negara

Mereka akan memperjuangkan aturan data lintas negara untuk masyarakat Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa Kominfo akan memperjuangkan aturan data lintas negara dimana aturan tersebut akan dijaga dengan enkripsi yang baik bertujuan memberikan perlindungan terhadap data pribadi masyarakat. Johnny Plate mengklaim pihak mereka sudah siap untuk menelusuri asal usul potensi kebocoran data. Selain itu, mereka juga akan melakukan analisis kebocoran data tersebut relevan atau tidak dengan data yang ada sekarang.

“Jika ditemukan ada potensi, maka kita akan lakukan audit teknologi security atau enkripsi di penyelenggara sistem elektronik itu.” 

Johnny G. Plate

Itulah informasi mengenai pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika mengingatkan kepada masyarakat Indonesia untuk selalu mengganti password data pribadi mereka agar terhindar dari kebocoran data yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Semoga saja masalah kebocoran data ini bisa cepat diselesaikan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Kominfo atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version