Baru Rilis, Pembeli Switch Lite Laporkan Analog Mereka Telah Bermasalah

in

Dengan perilisan Switch Lite, pengguna Switch berharap Nintendo akan perbaiki isu joy-con drift yang semakin lama semakin rawan terjadi di versi original khususnya melihat Switch Lite miliki joy-con yang menyatu dengan mesin. Sayangnya hal tersebut tidaklah terjadi untuk Switch yang full-portable ini. Beberapa pembeli telah laporkan Switch Lite yang mereka beli telah alami isu lama dalam beberapa hari pemakaian.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu joy-con drift, ia adalah masalah pada analog joy-con yang membuat input terjadi meskipun pemain tidak menyentuh analog. Alhasil karakter atau kamera sering bergeser sendiri ke arah tertentu begitu saja tanpa kendali pemain. Nintendo berjanji akan atasi masalah ini untuk kedepannya tetapi hal tersebut tampaknya tidak sesuai ekspektasi.

Youtuber Alexis Javier beberapa hari silam mengunggah video masalah drifting yang ia alami di Youtube. Dirinya klaim apabila Switch yang baru saja ia beli dipakai dengan normal dan tidak pernah terjadi kejatuhan atau kelalaian lainnya selama bermain. Tetapi dari video yang ia tunjukkan terlihat bahwa analog kanan dari Switch Lite milikinya telah sedikit rusak, membuat kamera game bergerak dengan sendirinya ke kiri.

Video kedua kemudian diunggah untuk membuktikan bahwa tidak ada joycon tambahan tersambung ke console serta dia tengah merekam videonya sendiri tanpa tipu daya apapun. Masalah drifting kini makin terlihat jelas saat dia perlihatkan sesi kalibrasi analog.

Tak hanya Javier, beberapa pembeli lain ikut laporkan masalah serupa pada Switch Lite baru mereka. Hal ini menambah kepastian bahwa Switch Lite memang masih rawan dengan isu drifting.

Berbeda dengan versi lama yang dimana pemilik dapat tinggal memperbaiki joycon saja atau bahkan membeli yang baru, pembeli Switch Lite terpaksa harus menggantikan seluruh mesin ketika isu drifting ini terjadi. Keberadaan video Javier serta laporan dari pembeli lainnya membuat banyak netizen skeptis untuk membeli Switch model baru tersebut.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.