Batalnya Final Fantasy Versus XIII Bukan Semata Kesalahan Tetsuya Nomura


Follow Us

Sebagai salah satu orang penting dibalik serial populer seperti Final Fantasy dan Kingdom Hearts, Tetsuya Nomura kerap dilihat sebagai sosok yang cukup kontroversial oleh para fans karena game-game yang digarapnya cenderung memakan waktu yang sangat lama dan cenderung berakhir mengecewakan.

Nulis artikel dibayar

Melalui interview yang dilakukan oleh Game Informer dengan Wan Hazmer, selaku mantan Lead Designer di Square Enix, beliau menjelaskan bahwa kekacauan pengembangan yang menimpa Final Fantasy Versus XIII hingga dibatalkan dan berubah menjadi Final Fantasy XV bukan semata karena kesalahan Nomura.

BACA JUGA  10 Game 'Rahasia' Yang Ternyata Bisa Kamu Mainkan di Dalam Video Game!

Melalui transkrip yang dibagikan oleh @DKHF_, Hazmer menjelaskan bahwa kekacauan tersebut kerap disebabkan oleh hal-hal diluar kendali Nomura, bahkan Square Enix selaku perusahaan yang menaunginya. Seperti ekosistem dan platform yang berubah misalnya. Lebih lanjut, Nomura justru merupakan sosok jenius dan sangat adaptif dalam persoalan game design.

Sebagai informasi tambahan, pengembangan Kingdom Hearts 3 sendiri memakan waktu yang cukup lama, dan hal tersebut bukanlah karena Nomura melainkan keputusan Square Enix untuk mengganti development tool menjadi Unreal Engine di pertengahan pengembangan.

BACA JUGA  Shadow of the Tomb Raider Definitive Edition Dirilis!

Tentu hal ini secara tidak langsung memberikan kita sedikit insight lebih dalam terkait pengembangan video game di Square Enix ataupun secara umum. Walau Nomura kerap disalahkan seorang diri karena tanggung jawabnya sebagai sang sutradara dan figur publik, agaknya dirinya akan tetap memberikan yang terbaik untuk game-game garapannya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Square Enix atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item