Beberapa Fitur Baru yang Ada Pada Samsung One UI 2.5

in , ,

Samsung baru-baru ini meluncurkan pembaruan OS Androidnya yaitu One UI 2.5 untuk device Galaxy S20. Sebelumnya pembaruan juga diluncurkan untuk Galaxy Note 20, dan tentunya Samsung juga ingin menghadirkan One UI 2.5 ke banyak perangkat-perangkat samsung lainnya seperti Galaxy S10, Galaxy Note 10, Galaxy S9, dan Note 9.

One UI 2.5 menghadirkan beberapa pembaruan kecil tetapi membawa sejumlah peningkatan, salah satunya adalah animasi sistem yang diubah. Samsung sudah merencanakan pembaruan ini untuk beberapa device, antara lain :

  • Galaxy S20 series – Sudah Rilis
  • Galaxy S10 series
  • Galaxy Note10 series
  • Galaxy S9 series
  • Galaxy Note9 series
  • Galaxy Z Flip
  • Galaxy Fold

Untuk diperhatikan, walaupun device tersebut mendapatkan pembaruan One UI 2.5 tidak lantas semua fitur baru dapat digunakan, karena beberapa fitur juga memiliki spesifikasi khusus untuk menggunakan fitur tersebut. Untuk lebih jelasnya apa saja fitur yang dihadirkan pada One UI 2.5 sebagai berikut :

Dukungan Navigasi Gesture Untuk Third-Party Launcher

Gambar : Neowin.net

Dengan dirilisnya Android 10 / One UI 2 tahun yang lalu, sebenarnya Samsung sudah menambahkan fitur navigasi gestur, tetapi gestur tersebut hanya berfungsi pada stock launcher saja. Dengan pembaruan One UI 2.5, Samsung akhirnya menambahkan dukungan untuk menggunakan navigasi gestur Android 10 ke third-party launcher. Dengan adanya pembaruan ini, kalian jadi bebas menggunakan launcher favorit kalian seperti nova atau poco launcher.

Mode Pro Video

Gambar : Neowin.net

Di ponsel Flagship mungkin mode Pro itu sudah menjadi hal yang biasa pada aplikasi kameranya yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengaturan kamera secara manual, seperti ISO, shutter speed, white balance, AF points, dan opsi lainnya sebelum mengambil gambar yang diinginkan.

Dengan One UI 2.5, samsung menghadirkan mode Pro yang sama untuk video. Di mode ini kalian bisa mengubah aspek rasio kamera saat merekam video sampai dengan 21:9 supaya menghadirkan efek sinematik hingga resolusi 8k, memilih mikrofon yang digunakan saat merekam video, karena ada fitur dimana kalian dapan mengunakan external mikrofon ataupun menggunakan bluetooth earbud seperti Galaxy Buds sebagai sumber microfon saat merekam video.

Membagian Kata Sandi Wifi Lebih Mudah

GIF : Neowin.net

Sekarang kalian dapat membagian Sandi Wifi kalian dengan mudah, karena ketika kalian terhubung dengan wifi baru, nantinya akan muncul opsi untuk meminta kata sandi dari pemilik Galaxy terdekat.

Untuk fitur sisanya ada Wireless DeX yang memiliki fungsi sama seperti DeX sebelumnya, hanya saja kali ini secara wireless. Cara kerjanya cari ikon DeX dari quick settings panel, kemudia cari perangkat yang mendukung miracast entah itu monitor atau Smart TV kalian, maka akan secara otomatis terhubung. Setelah terhubung kalian dapan menggunakan smartphone kalian sebagai touchpadnya.


Baca juga artikel lain terkait dengan Samsung, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Aldo

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Avatar

Written by M.Alfa Rifaldo

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.