Beberapa Skandal yang Sempat Menggemparkan Dunia E-Sports

MLG Championship Anaheim 2014 Crowd Enrique Espinoza

E-Sports, mungkin adalah salah satu cabang “olahraga” terbaru di dunia yang pastinya digemari hampir seluruh anak muda. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya jumlah pemain E-Sports pertahunnya dari kalangan remaja dan pelajar. Tingkat peningkatan ini cukup menggemparkan dunia yang tidak pernah menyangka bahwa E-Sports bisa berkembang secepat dan sebesar itu.

Perkembangan ini juga diikuti dengan jumlah uang dari sponsor yang terus meningkat dan membuat ranah E-Sports semakin ramai diminati banyak orang. Bahkan tak sedikit orang yang berani membanting setir karirnya menuju E-Sports. Namun saat suatu komoditas semakin berkembang, disitulah saat dimana banyak masalah mulai terangkat dan menjadi konsern tersendiri.

Seperti contoh yang satu ini, dimana saat menghadapi perputaran uang yang besar banyak pemain akan menerima tawaran-tawaran untuk melakukan kesengajaan untuk kalah atau hal lainnya untuk mendapatkan sesuatu hal lain. Disitulah kadang integritas dan kejujuran seorang pemain E-Sports diuji dengan keras. Nah berikut ada video yang men-flashback kita tentang beberapa insiden dan skandal yang pernah terjadi di ranah E-Sports beberapa tahun kebelakang.

Kalau kalian sudah penasaran, langsung saja kita tonton video yang satu ini:


Ternyata skandal seperti matchfixing dan beberapa lainnya sudah terjadi cukup lama sejak awal E-Sports mulai ramai di dunia saat berkembangnya beberapa game RTS yang saat itu sedang trending sekali. Lalu hal ini sayangnya terulang kembali untuk beberapa game yang ramai scene E-Sportsnya sampai sekarang, sebut saja League of Legends, CS:GO dan juga DOTA 2.

Tentu saja, banyak tindakan yang sudah diambil para pihak berwajib untuk bisa menegakan segala hal yang dianggap merugikan banyak orang tersebut. Namun tetaplah, untuk bisa merubah semuanya dibutuhkan kesadaran dari masing-masing pemain untuk untuk rasa tau diri tentang pekerjaannya sebagai atlet E-Sports untuk bisa menegakan keadilan dan integritas.


Kalau kalian sendiri pernah tau skandal E-Sports apa saja nih ? Atau pernah ngalamin rugi dalam betting karena pertandingan tersebut adalah pertandingan yang merupakan pertandingan yang sudah diatur ? Yuk kita bahas di kolom komentar dibawah!

Exit mobile version