Apa Bedanya Mouse Gaming dengan Mouse Biasa?

Bedanya Mouse Gaming

Bedanya mouse gaming – Mouse adalah perangkat yang esensial untuk kalian pengguna PC. Karena hampir semua input di komputer membutuh mouse, alat kecil ini pasti selalu ada dalam genggaman.

Kalau kalian adalah gamer, sudah pasti memiliki mouse gaming yang harganya tidaklah murah. Tapi, buat mereka yang belum tahu, mengapa bermain game membutuhkan mouse gaming? Apakah dengan mouse biasa kita tidak bisa bermain game? Apakah ini semua gimmick marketing belaka?

Jawaban singkatnya sih tidak. Mouse untuk gaming punya banyak kelebihan dibanding mouse konvensional kebanyakan. Apa saja memangnya brott? Mari kita bahas satu-persatu.

Bedanya Mouse Gaming dengan Mouse Biasa

Apa perbedaan kedua mouse ini?

Setidaknya ada beberapa perbedaan mendasar yang memisahkan sebuah mouse disebut sebagai mouse untuk gaming atau bukan. Terlepas dari brand yang mengusungnya menyebutnya apa, kalau kriteria dibawah ini ada dalam sebuah mouse, maka bisa dipastikan ia merupakan mouse gaming.

1. DPI yang Lebih Tinggi dan Bisa Diatur

Tingkat DPI yang bisa diatur lewat tombol

Kebanyakan mouse biasa memiliki DPI (dots per inch) yang rendah, berkisar diantara 200-600 DPI saja. Sedangkan mouse untuk gaming terutama yang premium memiliki jumlah DPI yang sangat tinggi bisa mencapai 20 ribu keatas. Semakin tinggi DPI berarti mouse tersebut semakin sensitif oleh gerakan. Jadi, kalau butuh sesuatu yang presisi, maka carilah mouse dengan nilai DPI tinggi.

2. Tombol Tambahan yang Bisa Diatur

Banyaknya tombol tambahan

Mouse kantoran biasanya hanya punya 3 tombol. Dua tombol kiri kanan dan satu tombol tengah di scroll wheel. Sedangkan kalau gaming mouse biasanya punya lebih dari itu. Setidaknya yang paling lumrah, mouse untuk gaming setidaknya memiliki 5 tombol; dua tombol di sisi kiri mouse dan ada yang mencapai 12 atau lebih tombol. Ditambah semua tombol di mouse gaming biasanya bisa diremap menjadi fungsi lain ketika bermain game.

3. Sensor yang Lebih Baik

Sensor mouse yang lebih responsif

Kalau kalian memainkan game FPS yang butuh tingkat keakuratan sangat presisi, maka gaming mouse adalah pilihan tepat. Kalau kalian teliti dan membaca review terlebih dahulu, kalian biasa diberi tahu kalau sensor mouse juga sangat berpengaruh dalam urusan pergerakan. Sensor yang bagus bisa mengikuti dan merekam segala arah pergerakan dngan tepat.

4. Desain Mouse Feet yang Lebih Diperhatikan

Mouse feet super licin

Tidak cukup dengan DPI tinggi dan sensor yang baik, tingkat kenyamanan menggunakan mouse untuk gaming juga ditambah dengan pemilihan mouse feet yang baik. Biasanya kalau kalian mau mengeluarkan bajet sedikit lebih banyak, kalian bisa mendapatkan mouse feet yang licin berbahan PTFE atau bahkan kaca. Tingkat gesekannya jauh lebih rendah jadi mouse terasa lebih licin ketika digunakan.

Kesimpulan

Nah, kalau sudah paham apa saja yang membedakan kedua jenis mouse ini, kalian selanjutkan pasti berpikir: kalau begitu mending mouse gaming kemana-mana dong? Sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Beberapa orang lebih memilih mouse non-gaming karena alasan ergonomis ataupun karena mereka tidak bisa menggunakan mouse gaming karena alasan tertentu. Ada yang menderita kesemutan di tangan dan harus gunakan mouse vertikal misalnya.

Kalau kamu, pakainya mouse apa brott? Apakah mouse yang khusus gaming wajib di meja kamu atau tidak apa-apa gunakan mouse kantoran biasa. Coba cerita dikit ya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version