Beginilah Cerita Di Balik Bagaimana Awal Overwatch Dibuat

vlc 2017 11 05 09 01 56 75
Jeff Kaplan dan Arnold Tsang tunjukkan konsep awal mereka sebelum jadi Overwatch.

Overwatch menjadi salah satu game tersukses Blizzard dan dapatkan banyak penghargaan tahun 2016 yang lalu. Populernya Overwatch sempat dijadikan perbandingan oleh para fans akan game dengan konsep yang sama. Sebut saja kasus yang paling ramai dimana Paladins Champions of the Realm yang disebut sebagai plagiat Overwatch atau sebaliknya, bahkan game buatan Valve, Team Fortress 2 juga tak luput dari perbandingan keduanya meski tak seheboh Paladins. Pertanyaannya, benarkah teori fans tersebut?

Ini adalah konsep awal McCree yang sebelumnya merupakan konsep artwork game StarCraft sebelum akhirnya menjadi Overwatch.

Melalui panel Overwatch Archive di Blizzcon 2017, Jeff Kaplan selaku Sutradara Overwatch dan Arnold Tsang selaku Art Director Overwatch mengatakan bahwa mereka mulai tuangkan ide tentang Overwatch pada bulan Mei tahun 2013 setelah game MMORPG buatan mereka, Titan dibatalkan. Awalnya mereka ingin membuat game baru berdasarkan franchise StarCraft, dan artwork McCree di atas merupakan artwork awal mereka saat ingin membuat game StarCraft baru tersebut sekaligus menjadi konsep awal hero McCree yang sekarang bisa kamu mainkan di Overwatch.

Konsep class MMO dengan tema luar angkasa. Beberapa hero muncul di Overwatch, beberapa diganti, seperti Long Shot yang jadi Widowmaker, dst
Ini adalah awal dari hero selection menu sebelum mereka mengubahnya.

Mereka juga berencana untuk membuat MMO dengan tema luar angkasa dengan dunia yang diisi berbagai alien di dalamnya. Dalam ide keduanya tersebut mereka mencoba membuat MMO dengan lebih dari 50 class. Dari idenya tadi, mereka akhirnya membuat beberapa konsep class yang ada, mulai dari Jumper (sekarang jadi Tracer di Overwatch), Reaper, Longshot (Widowmaker), Mechanic (Torbjorn), hingga Assassin, yakni Genji dalam bentuk wanita yang akhirnya berubah menjadi Hanzo dan Genji di Overwatch.

Ini adalah konsep hero yang berkembang dari konsep awal class MMO bertemakan luar angkasa di atas.

Beberapa hero tersebut semakin bertambah dan berubah seiring bertambahnya waktu. Bisa kamu lihat di atas, gambar-gambar ini merupakan konsep hero yang mengawali lahirnya Overwatch. Beberapa hero di atas tidak muncul dalam gamenya meskipun sepertinya mereka miliki ability, konsep, dan desain yang keren dan gahar.

Konsep map yang beberapa di antaranya dimunculkan dalam gamenya.

Tidak hanya hero saja, konsep lokasi atau map juga banyak yang tidak atau mungkin belum hadir dalam gamenya. Misalnya saja Kyoto yang akhirnya mungkin jadi konsep lahirnya map Hanamura atau Numbani yang akhirnya juga hadir dalam gamenya. Sementara lokasi lain seperti The Bayou atau Galapagos mungkin tidak atau belum hadir ke Overwatch.

Konsep Jetpack Hero yang tak berhasil sampai di gamenya.
Jetpack Cat sempat jadi hero favorit Blizzard, namun tidak masuk konsep Overwatch itu sendiri

Beberapa konsep hero binatang dengan jetpack yang berakhir menjadi Winston juga ditunjukkan. Blizzard mengatakan bahwa mereka mencoba beberapa binatang mulai dari buaya, naga, hingga yang paling mereka sukai, “Jetpack Cat”. Namun Jeff mengatakan bahwa Jetpack Cat tidak masuk konsep Overwatch sama sekali.


https://youtu.be/5V0gg_3ENso

https://youtu.be/GYnWwYiC1Ok


Setelah konsep hero, mereka juga menunjukkan bagaimana awal mula gameplay Overwatch yang terlihat seperti game mobile. Bagaimana bentuk awal dari map pertama Overwatch yakni Temple of Anubis, ultimate milik Reaper yang terlihat konyol, hingga ultimate Hanzo yang awalnya hanya bola dengan dua mata di depannya.

Animasi, gameplay, dan tekstur kasar ini kemudian diperbaiki Blizzard hingga akhir tahun 2014, dimana mereka memperkenalkan Overwatch untuk pertamakalinya dan menambahkan hero baru hingga akhirnya dirilis tahun 2016 yang lalu. Bagaimana menurutmu? Masih menganggap game ini “melakukan plagiat” game lain?

Exit mobile version