Beginilah Wujud Mekanisme Bermain dari Prekuel Seri Portal yang Sudah Valve Batalkan

in , , , ,

Yang bernama”F-Stop”

Sesuai dengan budaya yang selalu Valve anut di dalam setiap portofolio game yang mereka punyai, seri game Portal juga merupakan satu seri yang nampak sudah berakhir pada sekuel keduanya seperti Portal 2. Namun bila coba menilik latar belakang dari pembuatan game tersebut, Valve sengaja meracik game bernadakan puzzle ini melalui berbagai pertimbangan yang sebenarnya tidak begitu mudah untuk dilakukan.

Sebelum game Portal diputuskan hadir dengan pemanfaatan konsep gameplay berpindah-pindah tempat lewat penggunaan alat “Portal Gun”, Valve rupanya pada waktu itu sempat merumuskan suatu mekanisme bermain yang lebih berbeda.

Disebut sebagai prekuel dari seri Portal itu sendiri, Valve tercatat pernah mengembangkan suatu mekanika konsep gameplay bermain yang mereka namai sebagai F-Stop setelah merilis bundle game Orange Box di tahun 2007 lalu. Karena sudah lebih dari 10 tahun lamanya dibatalkan, hampir tidak ada satu pun gamer yang tahu apa maksud dari sistem F-Stop ini ? Karena Valve sendiri tidak mau memberikan informasi apapun.

Di awal tahun 2020, kini akhirnya kita bisa berkesempatan untuk membuka tabir misteri F-Stop yang sempat tersimpan di dalam benak Valve. Langsung dibocorkan oleh salah satu developer indie yang bernama LunchHouse Software, mereka kabarnya baru saja mendapatkan source code serta izin langsung dari pihak Valve untuk boleh memperkenalkan sistem konsep gameplay F-Stop secara publik.

 

Istilah dari F-Stop sendiri rupanya memiliki kaitan dengan sistem pengambilan gambar di dalam kamera. Hanya saja pada video presentasi di atas, terlihat bahwa kamu bisa menangkap berbagai objek dengan sebuah kamera, lalu mentransferkannya lagi ke tempat lain. Menariknya, di sana terlihat bahwa kamu dapat mengubah ukuran dimensi dari objek kotak tersebut, bahkan hingga memadukannya dengan objek lain (seperti balon) demi menghasilkan suatu fungsi yang saling bersinergi.

Selain itu, kamu pun juga dapat memanfaatkan fungsi objek dari mesin kipas yang menempel di langit guna bisa mendaki ke area platform yang lebih tinggi. Apakah menurut bentuk mekanisme unik semacam ini seharusnya tidaklah Valve tanggalkan ke dalam game Portal ? Atau keputusan tersebut justru merupakan langkah yang tepat untuk mereka ?

Yang patut kamu tahu, konsep dasar dari sistem F-Stop pun diketahui memiliki kemiripan yang sangat fundamental dengan keberadaan game indie puzzle berjudul Superliminal. Game ini kebetulan sudah lama rilis sejak bulan November tahun lalu dan trailernya dapat kamu lihat langsung di bawah.


Baca pula informasi terkait game Portal, Beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

 

 

 

 

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]