BEKRAF Game Prime 2019 akan Menjadi Event Penting untuk para Pengembang Game Indie Indonesia


Follow Us

BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) akan mengadakan event insdustri game terbesarnya di Indonesia. Event ini bukanlah yang pertama di Indonesia namun merupakan yang ke empat dalam event tersebut. Tahun lalu pada BEKRAF Game Prime 2018, event tersebut sanggup mencatatkan sejarah baru pada industri game di Indonesia dengan menyedot lebih dari 16.000 pengunjung dalam waktu 3 hari penyelenggaraannya. Hal ini membuat event tersebut tidak hanya menjadi event industri game terbesar di Indonesia, melainkan juga salah satu event game yang cukup besar di kawasan Asia Tenggara.

Nulis artikel dibayar

Pada tahun ini, BEKRAF berkolaborasi dengan INSIDEA Network dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) yang siap mencatat sejarah baru dengan menggelar BEKRAF Game Prime 2019 dengan tema “Game is the Future of Sport, Entertainment and Business”. Event ini akan diadakan selama 3 hari, yaitu tanggal 12 Juli 2019 di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta untuk Business Day, dan 13 -14 Juli 2019 di Balai Kartini, Jakarta untuk Public Daynya.

Pada Business Day, BEKRAF Game Prime 2019 akan mengumpulkan para pengembang industri game baik di Indonesia maupun mancanegara untuk saling bertukar pikiran, ilmu, serta membangun relasi untuk kepentingan kolaborasi bisnis jangka panjang. Business Day akan diisi dengan beragam seminar yang sifatnya akan digunakan untuk edukasi dan inspirasi dari para pembicara lokal dan Internasional, serta pelaku industri game lokal yang telah sukses bekerja di studio internasional. Tahun lalu BEKRAF 2018 berhasil mengumpulkan pembicara internasional seperti Ian Purnomo (Sony Interactive Entertainment), Wan Hazmer (Metronomik), dan Elizabeth Galuh (Streamline Games). Dan tentunya untuk menandingi tahun lalu, panitia siap mengundang lebih banyak lagi pembicara yang berkualitas baik di dalam maupun di luar negri.

BACA JUGA  Kolaborasi Dengan Indomaret, Moonton Berikan Hadiah Epic Skin Gratis!

Sedangkan Public Day akan menjadi ajang dimana para pengunjung dapat diajak untuk bermain ratusan game di dalam booth yang telah tersedia selama event tersebut berlangsung. Dimana pengembang game lokal dapat memamerkan hasil karyanya agar dapat dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Dan ada juga hiburan lain seperti VR Area, Board Games, Toys, Artist alley, eSport Competition dan masih banyak lagi yang bisa diikuti dan ditonton.

Kerennya lagi, BEKRAF juga akan mengadakan sesi penghargaan kepada pengembang game lokal yang berprestasi dalam berbagai kategori. BEKRAF akan menyyeleksi berbagai macam game dan penghargaan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas usahanya dalam memajukan Industri Game di Indonesia. Event ini diharapkan bisa memberi informasi serta mengakomodasi para pengembang industri terkait maupun masyarakat umum mengenai masa depan industri game yang terus berkembang cepat.

BACA JUGA  Maksimalkan Pemakaian realme 3 dengan Beragam Fitur Ini!

Monica Kansy selaku Chief Event and Community Officer dari INSIDEA mengatakan bahwa, Game saat ini sudah bukan hanya menjadi sarana hiburan, bahwa penggunaan game sudah melekat di berbagai aspek kehidupan dari tahun ke tahun mulai dari edukasi, bisnis hingga olahraga sekalipun. Melalui BEKRAF Game Prime 2019, mereka berharap agar dapat menunjukan seperti apa industri game saat ini dan masa depan nya untuk kedepannya. Sehingga para pengembang game dapat mempersiapkan diri dengna baik agar dapat menjadi pemain kunci di pasar dalam negri. Selain itu Event ini diharapkan dapat menunjukan potensi game yang sebenarnya dan mengubah persepsi masyarakat awam yang menganggap game sebagai aktivitas yang dipandang sebelah mata saja.

Kabar Baik untuk Pengembang Game Dalam Negri

Salah satu menu utama dalam BEKRAF Game Prime adalah Indie Showcase dimana para pengembang game dapat menunjukkan game yang telah dikembangkannya dalam event tersebut. Indie Showcase ini dapat diikuti oleh 50 pengembang game indie terbaik di Indonesia, dan akan menjadi sarana yang pas untuk para pengembang game indie untuk mendapatkan exposure lebih agar dapat dikenal oleh para gamer maupun media di Indonesia. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan feedback langsung dari pengunjung akan game yang tengah dikembangkannya.

BACA JUGA  Apex Legends dan Mr. Beast Sponsori Youtuber Battle Royale yang Berhadiahkan $200.000

 

Setiap developer gim Indonesia yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan slot berpameran di event ini. Nantinya para pendaftar akan kembali dikurasi, dan 50 developer gim indie terbaik akan mendapatkan space eksibisi gratis selama dua hari Public Day BEKRAF Game Prime 2019. Pendaftarannya sudah dibuka, dan untuk mendaftar bisa dilakukan melalui tautan di bawah ini.

Pendaftaran Booth Developer Indie: https://event.gameprime.org/b2c/exhibitor

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 10 Juni 2019. Setelah itu, panel kurator yang terdiri dari developer, publisher dan media gim akan memilih 50 gim terbaik untuk mendapatkan kesempatan berpameran di event ini. Informasi lebih lanjut mengenai BEKRAF Game Prime 2019 ini bisa dilihat di http://www.event.gameprime.org  atau menghubungi contact@gameprime.org.

Baca lagi artikel menarik lainnya mengenai BEKRAF dan artikel lain dari penulis kita Jay


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item