Beli PC Bekas Murah, Amankah untuk Penggunaan Jangka Panjang?

Beli PC Bekas Murah

Beli PC Bekas Murah – Di ekonomi dimana kebutuhan bertambah mahal, membeli barang yang tidak masuk kategori primer membutuhkan jalan pikir panjang. Terutama kalau kalian menginginkan sebuah PC untuk bermain game atau sekadar ingin punya perangkat untuk berselancar saja.

Hal pertama yang kalian pikirkan mungkin adalah membeli PC bekas dengan harga murah. Memang kemajuan internet saat ini sangat memudahkan siapapun untuk bertransaksi secara daring. Hingga berselancar sedikit saja di marketplace, kita sudah bisa menemukan banyak seller menjual PC rakitan murah. 

Sebagai orang awam, pasti banyak yang terpikir kalau membeli PC bekas murah seperti ini adalah suatu solusi yang bisa kalian tempuh. Karena tentu banyak uang bisa dihemat kalau membeli PC second hand.

Namun kita patut ingat sebuah pepatah yang mengatakan jika ada sebuah hal yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan, maka bisa dipastikan itu ada sisi buruknya. Membeli PC murah bekas tentu ada hal yang perlu kita perhatikan.

Disclaimer: Tujuan artikel ini adalah menjelaskan apa yang bisa kalian harapkan dari sebuah PC bekas. Apakah cocok juga digunakan untuk jangka panjang? Demi menjawab ini, ada beberapa faktor yang perlu kalian pertimbangkan terlebih dahulu sebelum berkomitmen gunakan uang hasil kerja keras kalian demi seperangkat PC.

Beli PC Bekas Murah, Apakah Terjamin untuk Jangka Panjang?

PC bekas apakah masih bagus?

1. Kondisi Hardware CPU, GPU, dll

Minimal terawat

Bagian yang perlu diperhatikan dari membeli PC adalah bagaimana kondisi hardware yang mau kamu beli. Tentu kalau bagi awam, hal ini cukup sulit mengingat ada banyak yang bisa jadi problem kedepannya. Mulai dari panas berlebih yang bisa dihasilkan komponen, barang bekas refurbish atau bisa saja masalah yang tidak bisa antisipasi sebelumnya.

Hingga calon pembeli alias kalian dalam konteks ini harus lebih extra hati-hati dalam membeli PC bekas. Pastikan untuk membawa kerabat yang mengerti soal seluk-beluk PC rakitan agar tidak tertipu oleh seller nakal.

Kita memang tidak bisa menduga apapun, namun jika kita bisa jadi pembeli yang lebih bijak dengan tidak serta-merta terbuai oleh harga murah. Karena terkadang komponen yang sudah terlampau lawas juga jadi alasan mengapa mereka berani menjual seharga itu.

2. Perhatikan Masa Pakai Komponen Ketika Beli PC Bekas

Kalau terlalu jadul, pertimbangkan lagi brott

Melanjutkan dari poin sebelumnya, masa pakai komponen elektronik pasti ada batasannya. Memang untuk sebuah PC bisa berjalan sampai 8 hingga 10 tahun merupakan sebuah pencapaian baik.

Tetapi, kalau kalian ingin membeli sebuah PC, pastikan umur pemakaian tidak begitu panjang. Cara paling gampangnya adalah lihat spesifikasi yang ditawarkan. Kalau PC tersebut sudah menggunakan komponen 7-10 tahun lalu, sebisa mungkin pertimbangkan terlebih dahulu.

Selain lemot, PC seperti ini juga paling cuma punya masa pakai maksimal 2-3 tahun. Jadi, kalau harganya bukan sangat terjangkau alias terlalu murah, sebaiknya hindari saja.

3. Banned Hardware oleh Game Tertentu

Awas banned

Kalau PC tersebut adalah perangkat gaming, misalnya kalian membeli dari bekas warnet, ada kemungkinan kalau PC tersebut sudah tidak bisa memainkan salah satu game online. Alasan untuk itu adalah pengguna sebelumnya pernah menggunakan cheat pada game tersebut dan ketahuan developer. Alhasil, perangkat tersebut di-banned selamanya.

Kalau sudah terjadi seperti ini, yang buntung tentu kita sebagai pembeli. Dengan syarat kita memang beli PC tersebut untuk memainkan game dimaksud. Kalau tidak, dengan kondisi masih bagus, tidak ada salahnya membeli PC tersebut apalagi ditawarkan harga murah.

4. Beli PC Murah? Ganti PSU

Sayangi hardware-mu!

Paling bagian paling penting dan perlu diperhatikan adalah bagaimana PC tersebut mendapatkan daya, alias Power Supply. Kalau PC bekas incaran kalian punya PSU dari brand atau tipe tidak terkenal, atau terkenal kurang bagus, sudah dipastikan kalian perlu menggantinya.

Kalau tidak, PSU berpotensi bisa menyebabkan kerusakan yang fatal karena sekalinya terbakar, komponen lain bisa saja ikut terdampak. Selagi masih masuk bajet, tidak apa membeli PC bekas murah asal diganti saja PSU ke lebih mantap.

Kesimpulan

Jadi apa kesimpulannya?

Tidak ada yang salah dengan PC bekas murah. Asal kalian memang mendapatkan harga sesuai dan tidak membayar lebih. Tidak jarang juga sebuah PC bekas bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Cukup perhatikan kelengkapan komponen, serta apakah terawat atau tidak, ada karat atau tidak. Sisanya tinggal berdoa saja tidak ada masalah selama pemakaian dan seller tetap memberikan garansi kalau ada kendala.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version